Training In Making Learning Media Using AI For Pelalawan State SLBTeachers

Pelatihan Pembuatan Media Pembalajaran Menggunakan Canva danAplikasi AI Bagi Guru SLB Negeri Pelalawan

Authors

  • Faisal Amir Politeknik Negeri Padang Author
  • Fadli Fadilillah Politeknik Negeri Padang Author
  • Riyanto Politeknik Negeri Padang Author
  • Fazrol Rozi Politeknik Negeri Padang Author
  • Fadhilah Oriyasmi Politeknik Negeri Padang Author
  • Syafira Indah Maryam Politeknik Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.31849/9cm73079

Keywords:

Artificial Intellgents, SLB, Media Pembelajaran

Abstract

Sekolah Luar Biasa(SLB) merupakan sebuah lembaga formal yang melayani Pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus agar bisa mendapatkan layanan dasar untuk membantu mendapatkan akses Pendidikan dengan jenis yang berbeda. Dengan beragam jenis pendidikan terhadap kebutuhan khusus para siswa belum ada yang berfokus terhadap pemanfaatan teknologi dalam membuat dan mengaplikasikan media pembelajaran yang mengikuti trend saat ini. Dengan mengadopsi teknologi Artificial Inteligents(AI) dalam media pembelajaran dirasa mampu meningkatkan mutu dan kwalitas media pembelajaran yang dijhasilkan oleh guru. Sehingga akan mempermudah dan meningkatkan proses belajar dan mengajar terhadap siswa berkebutuhan khusus. Adapun hasil sebar angket yang telah di isikan oleh guru-guru didapatkan 60% puas dan 40% sangat puas dengan kegiatan pelatihan pembutan media pembelajaran menggunakan AI bagi Guru SLB Negeri pelalawan

References

https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/BAD886B1C91B3AD79ECD
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. J. (2020). Artificial Intellegence Dengan Pembentukan Nilai Dan Karakter Di Bidang Pendidikan. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 148. https://doi.org/10.21043/ji.v4i2.8625
Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 422-427. Retrieved from https://ummaspul.e journal.id/JENFOL/article/view/5245.
Astuti, S. (2021). Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 8(1), 37–45.
Purba, F. N., & Azizah, R. A. (2021). Implikasi Kecerdasan Buatan dalam Privasi dan Keamanan Data Siswa. Jurnal Informatika Mulawarman, 16(1), 32–40.
Mardikanto, T. (2020). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2), 224–236.
Alifiani, R., & Rahman, R. (2019). Penerapan Kecerdasan Buatan untuk Mendeteksi Plagiat dalam Tugas Akademik. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(2), 152–160.
Pratiwi, R. D. (2020). Peran Kecerdasan Buatan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(1), 13–23.
Sugihartono. (2020). Pendidikan Personalisasi dalam Era Kecerdasan Buatan: Kajian Implementasi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 7(1), 13–22.

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Training In Making Learning Media Using AI For Pelalawan State SLBTeachers: Pelatihan Pembuatan Media Pembalajaran Menggunakan Canva danAplikasi AI Bagi Guru SLB Negeri Pelalawan. (2025). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(4), 1305-1312. https://doi.org/10.31849/9cm73079