Socialization and Training on the Use of the Alfabeth Applicationin Special Schools

Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Alfabeth Pada Sekolah Luar Biasa

Authors

  • Rice Novita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Author
  • Medyantiwi Rahmawita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Author
  • Rita Novita Institut kesehatan payung negeri Pekanbaru Author

DOI:

https://doi.org/10.31849/514m1094

Keywords:

Sosialisasi, Pelatihan, Aplikasi Alfabeth, Sekolah Luar Biasa, Pendidikan Inklusif

Abstract

Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) memerlukan pendekatan inovatif, terutama dalam pemanfaatan teknologi untuk mendukung proses belajar-mengajar. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penggunaan aplikasi Alfabeth, sebuah platform edukatif yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berkomunikasi bagi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan memberikan pelatihan kepada guru serta tenaga pendidik di SLB mengenai penggunaan aplikasi Alfabeth dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup tahap sosialisasi, pelatihan praktik, serta evaluasi terhadap efektivitas penggunaan aplikasi dalam mendukung pembelajaran. Sosialisasi dilakukan melalui seminar dan diskusi interaktif untuk mengenalkan fitur serta manfaat aplikasi. Pelatihan praktik diberikan dalam bentuk demonstrasi penggunaan serta simulasi langsung oleh para peserta. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan umpan balik dari peserta serta mengamati perubahan dalam metode pengajaran yang diterapkan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa aplikasi Alfabeth mampu meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam belajar. Guru merasa terbantu dalam menyampaikan materi dengan lebih menarik dan interaktif. Selain itu, siswa lebih termotivasi dalam mengenal huruf dasar. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para pendidik dapat lebih optimal dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung perkembangan akademik dan sosial siswa berkebutuhan khusus di SLB.

References

Adermon, A., Lindahl, M., & Palme, M. (2021). Dynastic human capital, inequality, and intergenerational mobility. American Economic Review, 111(5), 1523–1548. https://doi.org/10.1257/AER.20190553
Afriana, A., & Batam, U. P. (2024). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. July.
Aini, R. N., & Tresnawati, A. (2020). endidikan Inklusif di Sekolah Luar Biasa: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Azizah, N. (2022). Metode Pembelajaran yang Efektif bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(2), 120-135.
Fatmawati, R., Asmara, R., Prayogi, Y. R., & Hakkun, R. Y. (2022). Aplikasi Pembelajaran Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) Berbasis Voice Menggunakan OpenSIBI. Technomedia Journal, 7(1), 22–39. https://doi.org/10.33050/tmj.v7i1.1690
Harditya, A. (2020). Indonesian Sign Language (BISINDO) As Means to Visualize Basic Graphic Shapes Using Teachable Machine. 502(Imdes), 1–7. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201202.045
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Mata, P., Ips, P., & Viil, D. (2024). E-I SN : 2722-7839 , P-I SN : 2746-7732. 3(2), 336–347.
Nugraheni, A. S., Husain, A. P., & Unayah, H. (2023). Optimalisasi Penggunaan Bahasa Isyarat Dengan Sibi Dan Bisindo Pada Mahasiswa Difabel Tunarungu Di Prodi Pgmi Uin Sunan Kalijaga. Jurnal Holistika, 5(1), 28. https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.28-33
Phosuwan, A., Sopeerak, S., & Voraroon, S. (2013). Factors Related the Utilization of Instructional Media and Innovation of Nursing Instructors at Boromarajonani College of Nursing, Suphanburi, Thailand. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 410–415. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.354
Putri, H. M., Fadlisyah, F., & Fuadi, W. (2022). Pendeteksian Bahasa Isyarat Indonesia Secara Real-Time Menggunakan Long Short-Term Memory (Lstm). Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0, 3(1), 663. https://doi.org/10.29103/tts.v3i1.6853
Rian Nanda, R. (2023). Komunikasi dan Perkembangan Sosial pada Anak Tunawicara. Jurnal Psikologi Dan Pendidikan, 18(1), 90-104.
Suhaedin, E., Ilham, R., Ambiyar, A., & Wulan Sari, R. E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK: Sebuah Tinjauan Literatur. Journal on Education, 7(1), 3601–3608. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6958
Wiraswendro, P. E., & Soetanto, H. (2022). Application of Random Forest Classifier Algorithm in Indonesian Sign Language System (Sibi) Detection System. Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur), 19(2), 75. https://doi.org/10.36080/bit.v19i2.2043

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Socialization and Training on the Use of the Alfabeth Applicationin Special Schools: Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Alfabeth Pada Sekolah Luar Biasa. (2025). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(4), 1338-1345. https://doi.org/10.31849/514m1094