Desain Media Informasi Program Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

  • Ari Apriyansa Universitas Negeri Jakarta
  • Rusmono Rusmono Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Yusro Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Vocational School, Spectrum PSMK 2016, ICT, Information Medium, Career, Entrepreneurship

Abstract

Keberagaman Program Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan suatu hal yang menarik untuk dipelajari. Seperti yang tercantum dalam Spektrum PSMK tahun 2016 bahwa Sekolah Kejuruan memiliki 142 Kompetensi Keahlian yang tersebar di Indonesia, maka dengan jumlah yang banyak tersebut masyarakat akan menemui kesulitan dalam mengetahun kompetensi keahlian yang akan dicari. Program studi Energi Terbarukan merupakan salah satu program studi yang jarang sekali diketahui masyarakat umum. Total dari program studi ini hanya ada 14 sekolah dari total 164.07 SMK di Indonesia sehingga jarang diketahui masyarakat umum dibanding dengan program studi seperti akuntansi dan pemasaran. Seiring perkembangan teknologi dibidang pendidikan yang begitu pesat, maka perlu dibentuknya media informasi khusus yang menampilkan kompetensi keahlian agar memudahkan masyarakat dalam mencari informasi. Media Informasi ini berbentuk website dengan tujuan dapat diakses melalui jaringan internet dimanapun dan kapanpun. Pengembangan penelitian ini termasuk kedalam penelitian R&D dengan menggunakan Waterfall Model atau dapat disebut juga System Development Life Cycle (SDLC) dengan tahapan pengembangan: 1. Analysis, 2. Design, 3. Implementation, 4. Testing, dan 5. Maintenance. Selain mempermudah masyarakat dalam mencari kompetensi keahlian tertentu, Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) juga akan terbantu dalam memenuhi pegawai sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Abstract

The Diversity of Study Program in Vocational School (SMK) is an interesting thing to be learned. As stated in Spectrum PSMK 2016 that Vocational School has 142 Skill Competences spread over in Indonesia, so with that great amount, people will find difficulties in knowing competence skill to be sought. Renewable Energy study program is one of the study programs that is rarely known by general public. Total of this study program there are only 14 schools of total 16,407 SMK throughout Indonesia so rarely known to the general public compared with courses such as accounting and marketing. Along with the development of technology in the field of education is so rapid, it is necessary to establish a special information media that displays the skill competence in order to facilitate the public in finding information. This Information medium is shaped of website with the aim to be accessed through internet network wherever and whenever. The method of this research is R & D (research & development) using Waterfall Model or can be called System Development Life Cycle (SDLC), the development stages are: 1. Analysis, 2. Design, 3. Implementation, 4. Testing, and 5. Maintenance. In addition to facilitate the community in searching for a particular skill competence, business sector or industrial sector will also be helpful in meeting employees in accordance with the required competencies.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. D. J. P. D. dan M. K. P. dan Kebudayaan, Spektrum PMK Tahun 2016. 2016.

I. Hanafi, “Re-Orientasi Keterampilan Kerja Re-Orientasi Keterampilan Kerja,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 2, hal. 107–116, 2012.

M. Husni, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education),” J. Mikrotik, vol. 2, no. 1, hal. 1–5, 2014.

G. W. & W. E. Susanto, “Perancangan Website Sebagai Media Informasi dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo,” J. Khasanah Ilmu, vol. 6, no. 2, hal. 46–55, 2015.

A. Apriyansa, “Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah Kejuruan,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokasional (SNPV), 2017, hal. 108–112.

Nurasiah, “Perencanaan Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran Uang Kuliah Dengan Metode SDLC Waterfall,” J. Teknol. dan Rekayasa, vol. 19, no. 3, hal. 72–81, 2014.

Ermatita, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan,” J. Sist. Inf., vol. 8, no. 2355–4614, hal. 966–977, 2016.

F. Muttaqin, M. Al Musadieq, dan Riyadi, “Analisis dan Desain Sistem Informasi Berbasis Komputer untuk Persediaan Barang pada Tokoh Bahan Bangunan (Studi kasus pada UD . Sumber Bumi Subur ),” J. Adm. Bisnis, vol. 8, no. 1, hal. 1–7, 2014.

E. P. A. Akhmad, “Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya,” J. Apl. Pelayaran dan Kepelabuhan, vol. 7, no. 1, hal. 1–20, 2016.

T. Yumoto, T. Matsuodani, dan K. Tsuda, “A test analysis method for black box testing using AUT and fault knowledge,” Procedia Comput. Sci., vol. 22, hal. 551–560, 2013.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, dan H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. 1, no. 3, hal. 31–36, 2015.

K. Suhada, Danuri, dan F. Profesio Putra, “Aplikasi web promosi kuliner dan rumah makan online,” J. Teknol. Inf. Komun. Digit. Zo., vol. 8, no. 1, hal. 25–33, 2017.

Published
2018-05-30
How to Cite
Apriyansa, A., Rusmono, R., & Yusro, M. (2018). Desain Media Informasi Program Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 22-32. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v9i1.995
Abstract viewed = 387 times
PDF downloaded = 316 times