PENDAMPINGAN PENERAPAN APLIKASI GAME TILAWATI BAGI ANAK TPA NURUL HUDA DUMAI

Keywords: Game, Tilawati, Mengaji

Abstract

TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) sebagai tempat belajar mengaji untuk anak-anak mulai dari usia 5 tahun sampai usia dewasa. Pengenalan huruf hijaiyah adalah hal yang pertama sekali atau dasar untuk belajar Alquran. Berbagai metode dilakukan agar murid-murid bisa dengan mudah menghapal huruf hijaiyah dan cara bacanya. salahsatunya menggunakan tilawati sebagai media belajar siswa. Untuk saat ini metode yang diajarkan yaitu murid-murid maju kedepan satu persatu untuk dites cara membaca tilawati ataupun guru mengajarkan melalui tulisan dipapan tulis. Sesekali perlu dilakukan perubahan dalam menyampaikan materi agar murid-murid tidak bosan dan jenuh saat belajar. Oleh karena itu perlu diberikannya alternatif media untuk pembelajaran tilawati. Tujuan dari kegiatan ini untuk memperkenalkan serta melakukan pendampingan menggunakan game tilawati dimana bentuk kegiatan ini secara demonstrasi langsung kepada para murid serta didampingi guru ngaji. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan respon positif dan diterimanya dengan baik aplikasi game tilawati ini untuk alternatif media belajar murrid-murid di TPA Nurul Huda Dumai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, I. ; F. A. (2020). Program Pembelajaran Metode Tilawati Masa Pandemi Covid-19 Di TPQ Al-Huda tegalrejo badas-Kediri. JPMD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa, 1(2), 51–67.

Gafur, A., Nurhasan, N., Switri, E., & Apriyanti, A. (2021). Pembinaan Ilmu Tajwid terhadap Anak-Anak di Masjid An-Nuur Kebun Raya OI. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 313–326. https://doi.org/10.54082/jamsi.103

Guntoro, G. B. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Sebagai Media Bantu Edukasi Agama Islam Untuk Anak Usia Dini. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 150–158. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3339

Mohamad Nasirudin, Mazidatul Faizah, Salim Ashar, M. K. D. (2021). Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran di Pondok Sabilul Huda. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 3.

Niswa, K., & Kharisma, A. J. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi “Kids Learning” Berbasis Android Bagi Guru SD Muhammadiyah 02 Pematangsiantar. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.23960/seandanan.v1i1.8

Nur Budi Nugraha, & Tri Yuliati. (2021). Animasi 2D Corona Virus Desease 19 (Covid 19) Sebagai Media Edukasi Anak - Anak. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(2), 182–188. https://doi.org/10.51903/pixel.v14i2.546

Sellyana, A., yuliati, tri, handayani, tri, & Saputra, J. (2022). Pelatihan dan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa tentang perakitan komputer di sma pgri dumai. 3(2), 961–967.

Suryani, E., & Purwanti, K. Y. (2019). Pengenalan Game Edukasi Android Sebagai Penunjang Perkembangan Kognitif Anak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 148. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1486

Wardani, D. K., Qomariah, U. K. N., & ... (2021). Penerapan Aplikasi Tilawati Mobile Berbasis Flipbook Untuk Standarisasi Guru Tpq Desa Pesantren Jombang. Prosiding Seminar …, 1(c), 91–96.

Widoretno, S., Setyawan, D., & Mukhlison. (2021). Efektifitas Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Anak. Transformasi Pembelajaran Nasional, 1, 287–295.

Published
2023-01-03
How to Cite
Yuliati, T., Sellyana, A., & Handayani, T. (2023). PENDAMPINGAN PENERAPAN APLIKASI GAME TILAWATI BAGI ANAK TPA NURUL HUDA DUMAI . J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 20-26. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i1.11485
Abstract viewed = 129 times
PDF downloaded = 134 times