EDUKASI DAN REBRANDING PRODUK UMKM UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PADA DESA RELIGI BESILAM SUMATERA UTARA

  • Rezha Destiadi Politeknik Negeri Medan, Medan, Indonesia
  • Andi Supriadi Chan Politeknik Negeri Medan, Medan, Indonesia
  • Hubbul Wathan Politeknik Negeri Medan, Medan, Indonesia
  • Gabriel Ardi Hutagalung Politeknik Negeri Medan, Medan, Indonesia
Keywords: PKM, Produksi, Desa besilam, peci, UMKM

Abstract

UMKM Desa Besilam merupakan salah satu organisasi swadaya masyarakat yang menjadi pengerak dalam roda ekonomi masyarakat desa. UMKM Desa Besilam sudah memiliki pekerja lebih dari 10 orang baik dari kalangan masyarakat umum maupun para pelaku usaha. Saat ini UMKM Desa Besilam melakukan produksi di bidang usaha dodol khas Desa Besilam dan produk kerajinan tangan berupa peci khas Desa Besilam agar dapat memberikan dampak yang cukup signifikan bagi roda ekonomi desa. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh kelompok ini seperti tidak adanya pengemasan produk yang baik dan memiliki nilai jual lebih. Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdi ini untuk menyelesaiakan permasalahan yang dihadapi oleh mitra dengan penerapan Iptek yang dibuat untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara pelatihan penggunaan website untuk media penjualan, serta pengemasan baru agar memiliki nilai ekonomi lebih. Iptek yang akan di implementasikan pada mitra adalah desain kemasan baru serta pelatihan penjualan. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah pemberdayaan masyarakat dengan konsep berbasis masyarakat kelompok produktif (Community base Education) yang dilakukan dengan Langkah berupa pencarian permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Desa Besilam dan disepakati Bersama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinugraha, Hendri Hermawan, Firman Happy, Hasan Ma, Maulida Isnaini, and Afwa Wahid. 2022. “Peran Remaja Milenial Terhadap Transformasi Desa Wisata Religi Menuju Desa Wisata Halal Studi Di Desa Rogoselo.” Al-Intaj VIII(1).

Chaerunissa, Shafira Fatma, and Tri Yuniningsih. 2020. “Analisis Komponen Pengembangan Pariwisata Desa Wisata Wonopolo Kota Semarang.” Journal Of Public Policy And Management Review 9(4):159–75.

Chan, Andi Supriadi, and Annalisa Sonaria. 2022. “Pkm Scale Up Dan Pengembangan Produk Industri Hadycraft Desa Beringin Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara Pendahuluan Lubuk Pakam Adalah Sebuah Kecamatan Kabupaten Di Deli Serdang Provinsi Sumatra Utara , Indonesia . Kecamatan Ini .” 2(1):53–63.

Gintulangi, Sabriana Oktaviana. 2022. “Strategi Pengelolaan Wisata Religi Berkelanjutan Untuk Melestarikan Tradisi Masyarakat Islam Dan Meningkatkan Perekonomian Di Kabupaten Gorontalo.” 5(4):563–78.

Imandintar, Deva, and Hertiari Idajati. 2019. “Karakteristik Desa Wisata Religi Dalam Pengembangan Desa Bejagung Sebagai Sebuah Desa Wisata Religi.” Jurnal Teknik Its 8(2):C47–52.

Rasyid, Abdul. 2015. Pengembangan Wisata Halal Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah.

Wibowo, Dwi Edi, Kamalina Din Jannah, and Pradya Permanasari. 2020. “Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ.” 1(2):121–31.

Wijaya, Andy Arya Maulana, Herman Lawelai, Anwar Sadat, Nastia Nastia, and L. M. Azhar Sa’ban. 2022. “Penguatan Kapasitas Masyarakat Melalui Pendekatan Pengembangan Pariwisata Desa Bahari Iii Kabupaten Buton Selatan.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(1):436–42.

Yuliawati, Ayu Krishna, Rofi Rofaida, Budhi Pamungkas Gautama, Shandra Rama Panji Wulung, and Asti Nur Aryanti. 2020. “Peningkatan Kapasitas Komunitas Pariwisata Desa Tentang Pariwisata Kreatif Di Belitung Timur.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin 3(2):110–17.

Published
2023-01-07
How to Cite
Rezha Destiadi, Andi Supriadi Chan, Hubbul Wathan, & Gabriel Ardi Hutagalung. (2023). EDUKASI DAN REBRANDING PRODUK UMKM UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PADA DESA RELIGI BESILAM SUMATERA UTARA. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 69-79. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i1.12096
Abstract viewed = 118 times
PDF downloaded = 131 times