Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan kemampuan guru agama Kristen SD se-Sagulung dalam melaksanakan pembelajaran mastery learning pada semester II Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Dirgahayu Tarigan Kemenag
Keywords: supervisi akademik, pembelajaran, mastery learning

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SD Se Sagulung, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Tujuan penulisan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) adalah untuk mengetahui apakah penerapan supervisi akademik merupakan upaya peningkatan kapasitas guru se-SMP Sagulung dalam melaksanakan proses pengajaran dengan model mastery learning.  Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi. Melakukan analisis data terhadap data kuantitatif dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian tindakan sekolah ini adalah penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran dengan model mastery learning. Ketuntasan dalam melaksanakan proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada siklus I terlihat bahwa rata-rata meningkat dari data awal menjadi 82, dan hasil yang diperoleh pada siklus II meningkat dari 82 pada siklus I menjadi rata-rata 94. Jadi Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran ketuntasan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-24
How to Cite
Tarigan, D. (2023). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan kemampuan guru agama Kristen SD se-Sagulung dalam melaksanakan pembelajaran mastery learning pada semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Lingkar Pendidikan , 2(1), 31-40. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/13309
Abstract viewed = 72 times
PDF (ID) downloaded = 162 times