Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Dasar

  • Mohamad Muspawi Universitas Jambi
  • Moni Lukita Universitas Jambi
Keywords: pendidikan, pendanaan, pengelolaan pembiayaan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan pengelolaan pembiayaan pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Nurul Khoir Jambi yang menopang keberlangsungan kegiatan pendidikan di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan sumber dana yang dimiliki sekolah, tanggung jawab keuangan dan keterbukaan pengelolaan keuangan sekolah, mengurangi kesalahan dalam pengelolaan keuangan sekolah, dan mengetahui pemanfaatan keuangan sekolah bagi mutu proses pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis case study tunggal yang terfokus pada pengelolaan pembiayaan dalam pendidikan di SD Nurul Khoir Jambi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara finansial SD Nurul Khoir Jambi dapat dikatakan tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan dana pendidikan, dan dana juga digunakan untuk kepentingan pendidikan. Kepala sekolah memperlihatkan kerja sama yang baik dengan bendahara, sehingga pelaksanaan beberapa program sekolah cukup baik. Sistem akuntabilitas yang diterapkan SD Nurul Khoir menunjukkan tanggung jawab sekolah. Transparansi atau keterbukaan dilaksanakan, dibuktikan dengan penempatan laporan penggunaan dana di papan pengumuman sehingga informasi dapat diakses oleh semua orang. Pemanfaatan keuangan sekolah dapat menunjang mutu proses pembelajaran di kelas. Hal itu terbukti dengan terpenuhinya beberapa sarana dan prasarana penting yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembiayaan pendidikan di SD Nurul Khoir telah berjalan mengikuti prosedur yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-01
How to Cite
Muspawi, M., & Lukita, M. (2023). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Dasar. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(1), 99-110. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.12237
Abstract viewed = 971 times
PDF downloaded = 1322 times