Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan Peraga Manipulatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus

  • Eka Zuliana
Keywords: Inquiry Based Learning, Peraga Manipulatif, Pemahaman Konsep Matematika

Abstract

Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus berasal dari berbagai jenis latar belakang
jurusan seperti SMA/MA IPA, IPS, Bahasa serta SMK dari berbagai jurusan. Tidak
semua mahasiswa tersebut mempunyai pemahaman yang kuat tentang matematika.
Sebagian besar dari mereka yang berasal dari jurusan non eksak mengalami kesulitan
dalam memahami konsep matematika. Miskonsepsi terjadi paling banyak pada lingkup
materi geometri. Hal ini menjadi tantangan bagi para Dosen eksak untuk mengantarkan
materi-materi matematika agar lebih mudah dipahami oleh semua mahasiswa. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Inquiry based Learning berbantuan
peraga manipulatif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika mahasiswa
PGSD Universitas Muria Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dengan dua siklus dengan urutan tahapan perencanaan, tindakan,
pengamatan dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa 2G. Data
dikumpulkan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inquiry
based Learning berbantuan peraga manipulatif mampu meningkatkan pemahaman
konsep matematika mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Peningkatan
pemahaman konsep terlihat dari: 1) rata – rata hasil tes meningkat dari 71,33 pada siklus
1 menjadi 82,45 pada siklus 2, 2) rata – rata aktivitas pembangunan konsep meningkat
dari 2,65 dengan kriteria baik menjadi 3,25 dengan kriteria baik. Dari penelitian ini,
dapat disimpulkan bahwa Inquiry Based Learning berbantuan peraga manipulatif
mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi
Geometri pada mahasiswa PGSD, model Inquiry Based Learning berbantu peraga
manipulatif dapat juga digunakan untuk pembangunan konsep matematika lingkup
materi lain seperti bilangan, pengukuran, Statistika dan pengolahan data.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-20
How to Cite
Zuliana, E. (2017). Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan Peraga Manipulatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.269
Abstract viewed = 412 times
Pdf downloaded = 0 times