Penerapan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI-IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang

  • Retno Nengsih
Keywords: Model Pembelajaran, Gaya belajar, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan
menggunakan pendekatan SAVI dan pendekatan konvensional pada siswa kelas
XI-IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Penelitian ini bersifat
eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control
Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI-IPS SMA
Pembangunan Laboratorium UNP. Sampel penelitian diambil dengan metode
purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah kelas XI-IPS 1 sebagai
kelas eksperimen, yang diajar dengan menggunakan pendekatan SAVI dan kelas
XI-IPS 2 sebagai kelas kontrol,yang diajar menggunakan pendekatan
konvensional. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adaah
instrumen tes. Untukmenarik kesimpulan dari hasil penelitian, dilakukan uji
normalitas, uji homogenitas variansi, dan dilanjutkan dengan uji hipotesis
penelitian. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa
yang menggunakan pendekatan SAVI adalah 55,78 dan nilai rata – rata hasil
belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 48,35.
Simpangan baku untuk kelas eksperimen yaitu 11,33 dan untuk kelas kontrol yaitu
12,53, hal ini berarti bahwa penyebaran data pada kelas kontrol lebih besar
daripada data kelas eksperimen. Hal ini mengindikasikan bahwa hasil belajar
matematika siswa kelas kontrol lebih beragam bila dibandingkan dengan hasil
belajar matematika kelas eksperimen. Selain itu, berdasarkan hasil pengujian
hipotesis dengan menggunakan bantuan software MINITAB diperoleh P-value =
0,003. Oleh karena P-value < α dengan α=0,05, maka H0 ditolak. Hal ini berarti
hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang
dalam pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan SAVI lebih baik
daripada hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-20
How to Cite
Nengsih, R. (2017). Penerapan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI-IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.270
Abstract viewed = 256 times
Pdf downloaded = 0 times