Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic Berbasis Lingkungan terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMAN 13 Pekanbaru T.A. 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran visual, auditory,
kinesthetic berbasislingkungan terhadap penguasaan konsepsiswa pada materi
keanekaragaman hayatidi kelas X SMAN 13 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Penelitian
ini dilaksanakan pada semester genap bulan Januari 2017. Penelitian ini menggunakan kuasi
eksperimen dengan the matching-only pretest-posttest control group design. Sampel
penelitian siswa kelas X3 dan X4 dengan teknik pengambilan simple random sampling.
Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi aktivitas guru
dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji-t. Rerata N-Gain pada kelas
eksperimen 0.72 (kategori tinggi) dan pada kelas kontrol 0.53 (kategori sedang). Berdasarkan
uji-t nilai N-Gain maka diambil keputusan tolak H0 yang artinya berbeda signifikan. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran visual, auditory,
kinesthetic berbasis lingkungan terhadap penguasaan konsep siswa pada materi
keanekaragaman hayati di kelas X SMAN Negeri 13 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017.