Peranan Pendidikan dan Pelatihan Media Sosial dalam Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

  • Dellia Mila Vernia
Keywords: Media Sosial, Pemasaran Online, Pendidikan dan Pelatihan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan media sosial di Indonesia,
karakteristik media sosial, peranan media sosial dalam pemasaran online, peranan pendidikan
media sosial bagi pelaku UMKM, pelatihan media sosial untuk pemasaran online, manfaat
media sosial dalam meningkatkan daya saing UMKM, dan kendala UMKM dalam pemasaran
online. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan literature study.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet di Indonesia setiap
tahunnya meningkat, dan ada 3 media sosial yang sering dikunjungi yaitu facebook,
instagram dan youtube. Media sosial memiliki lima karakteristik yang berbeda, namun
memiliki fungsi dan kegunaan yang sama, diantaranya seperti portal media sosial, portal
media sosial berbasis lokal, portal untuk forum dan milis, blog dan mikroblog. Dalam
pemasaran online, media sosial memiliki beberapa peranan penting diantaranya sebagai
branding produk usaha, media sosial membuat pelaku bisnis dekat dengan konsumen dan
media sosial sebagai sarana informasi yang tepat bagi konsumen. Pendidikan media sosial
bagi para pelaku UMKM juga sangat penting diantaranya untuk memperbesar pendapatan
para pelaku UMKM dan untuk meningkatkan kualitas sumber daya UMKM. Pelatihan media
sosial untuk pemasaran online diberikan sebagai sarana pembelajaran dan pendalaman
wawasan dan keterampilan dalam mengelola media sosial. Untuk meningkatkan daya saing
UMKM, media sosial memiliki manfaat diantaranya sebagai sarana komunikasi, identitas
pemilik usaha dan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM dalam menjalankan
usaha. Kendala yang dihadapi UMKM dalam pemasaran online seperti terbatasnya koneksi
internet dan pengetahuan akan media sosial yang masih sedikit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-20
How to Cite
Vernia, D. M. (2017). Peranan Pendidikan dan Pelatihan Media Sosial dalam Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i2.358
Abstract viewed = 456 times
Pdf downloaded = 0 times