Pengaruh Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Mahasiswa

  • Hugo Aries Suprapto
Keywords: Komunikasi efektif, Hasil belajar, Kewirausahaan

Abstract

Dengan komunikasi yang efektif, maka fungsi manajerial yang berawal dari fungsi,
implementasi dan pengawasan dapat dicapai. Penelitian ini memakai metode eksperimen.
Subyek penelitian adalah mahasiswa Teknik Industri semester tujuh sebanyak 25. Terdapat
pengaruh yang signifikan komunikasi efektif terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa.
Data diolah dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan pada, Uji Normalitas,
Homogenitas dan T Sampel Berpasangan dengan tingkat signifikan α=5%, Hasil uji
normalitas sebelum kmunikasi efektif didapat nilai Kolmogorof-Smirnov Sig. 0.190, dan
Shapiro-Wilk 0.215 sehingga pada α= 5%= 0.05 < Sig.= 0, sampel data berasal dari distribusi
normal. Sedangkan Hasil uji normalitas sesudah komunikasi efektif didapat nilai
Kolmogorof-Smirnov Sig. 0.134, dan Shapiro-Wilk 0.346 sehingga pada α= 5%= 0.05 <
Sig.= 0, sampel data berasal dari distribusi normal. Pada Uji Homogenitas Varians Levene
Nilai Sig. 0.096, pada tingkat signifikansi α = 5 % =0.05 < Sig.0.096 sehingga dapat
dikatakan sampel data berasal dari varians yang Homogen, dapat disimpulkan pada tingkat
kepercayaan 95%, rata-rata sesudah komunikasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar
mahasiswa mata kuliah kewirausahaan mean sebesar 80.9600 ) dibanding sebelum memakai
komunikasi efektif ( mean sebesar 64.7200 ), naik sebesar 16.24. Dengan kata lain,
penggunaan memakai komunikasi efektif berpengaruh signifikan pada peningkatan hasil
belajar 95%. Penelitian ini memberikan saran untuk mengatasi masalah yang ditemukan
dalam penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-20
How to Cite
Suprapto, H. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Mahasiswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-9. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.913
Abstract viewed = 666 times
Pdf downloaded = 0 times