Menggunakan Komik Sains dalam Mengajarkan Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia

  • Insar Damopolii

Abstract

Komik sains merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru
untuk mengajar konsep sains di dalam kelas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui
pengaruh komik sains terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP
Yapis Manokwari dan SMP Negeri 15 Manokwari. Jenis penelitan adalah kuasi
eskperimen menggunakan nonequivalent controp group design. Sampel penelitian
berjumlah 106 siswa. Kelas eksperimen sebanyak 53 siswa dan kelas kontrol sebanyak
53 siswa. Analsis data menggunakan Mann-Whitney Test pada taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 (p < 0,05) yang menandakan
terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. Kesimpulan dalam
penelitian ini adalah siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajan komik lebih
tinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan
media pembelajaran komik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-20
How to Cite
Damopolii, I. (2018). Menggunakan Komik Sains dalam Mengajarkan Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(1), 35-42. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.920
Abstract viewed = 362 times
Pdf downloaded = 0 times