PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA/MA

  • Habibah Hanun Simangunsong Habibah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurhani Afdilani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Puji Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syairi Para Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sarah Ummi Athiya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syah Rajamuddin Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Hasil Belajar, Snowball Throwing, Pengaruh

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa/I SMA setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing terhadap materi biologi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan desain penelitian Posttest only group control dengan Teknik sampling berupa purpose sampling atau sampling pertimbangan yaitu menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA di kelas X IPA 1 berdasarkan hasil posttest yang telah diberikan setelah proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing dan dibandingkan dengan hasil pretest yang telah diperoleh. Hasil belajar di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas control, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai yang diperoleh yaitu kelas eksperimen yang lebih besar dibandingkan kelas control. Ini juga diperkuat dengan pengujian homogenitas yang hasilnya homogen dan uji hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan strategi pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem terhadap hasil belajar biologi siswa SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmariati. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kinerja Kependidikan, 2 (4), 723-744. Diperoleh dari https://ojs.serambimekkah.ac.id/JKK/article/view/2455

Dwi Lestari, Ni Made. Dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Lagu – Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKN. Journal of Education Technology, 1 (3), 163-168. Diperoleh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/12500

Hadepa Riyadi, Jakra & Wahidah Rahman Noor Malitasari. 2019. Pendidikan Iklusi dan Pendayagunaan Zakat. Yogyakarta: CV. Hikam Media Utama.

Handayani, Triastuti. Dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula Kopertis, 2 (1), 47-58. Diperoleh dari http://103.111.125.15/index.php/curricula/article/view/1543

Hanum, Umi. Dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi. Journal Biology Education, 4 (2), 173-178. Diperoleh dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/8909

Hisbullah & Firman. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 2 (2), 100-113. Diperoleh dari https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/231

Kusumawati, Naniek. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kependidikan dasar Islam berbasis sains, 2 (1), 2-12. Diperoleh dari https://pdfs.semanticscholar.org/4f06/320e47026b48998ba0c4f8c5478a409ea40f.pdf

Ma'arif Tarigan, Mhd. Dkk. 2020. Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh di SMA Swasta Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 3 (2), 313-319. Diperoleh dari http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/776/pdf03

Masruroh, Iffah. Dkk. 2019. Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran IPA. Bioedusiana, 4 (2), 106-113. Diperoleh dari https://doi.org/10.34289/292828

Matondang, Z. Dkk. 2019. Evaluasi Hasil Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Munawaroh Mumun & Ali Alamuddin. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi. EduMa, 3 (2), 163-173. Diperoleh dari https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/62

Mursid, Kiki Barkiah. Dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa DI Mi Al-mursyid Citeureup-Bogor. Jurnal EDUINOVASI, 1 (1), 53-77. Diperoleh dari http://www.journal.laaroiba.ac.id/index.php/eduinovasi/article/view/242

Mustika Agustina, Winner. Dkk. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Diperoleh dari https://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/download/716/333

Puspa Dewi, Md. Dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus Sri Kandi Kecamatan Denpasar Timur. Diperoleh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/924

Raguwan. Dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Molekul Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasangkayu. Jurnal Akademi Kimia, 3 (1), 1-7. Diperoleh dari https://www.neliti.com/id/publications/224084/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-snowball-throwing-terhadap-hasil-bel

Rifaldi Djahir, Ahmad. Dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Kode Smiles Pada Materi Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Akademi Kimia, 3 (4), 222-229. Diperoleh dari https://www.neliti.com/id/publications/224157/penerapan-model-pembelajaran-snowball-throwing-berbantuan-kode-smiles-pada-mater

Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Wijoyo, H. Dkk. 2021. Dampak Pandemi terhadap Kehidupan Manusia (Ditinjau Dari Berbagai Aspek). Sumatra: Insan Cendekia Mandiri.

Suliswa. Dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2 (1), 37-41. Diperoleh dari https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/208

Suria Oktaviani, Md Dwi. Dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3 (1), 89-97. Diperoleh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17662

Published
2022-10-24
How to Cite
Habibah, H. H. S., Nurhani Afdilani, Puji Lestari, Nasution, S. P., Athiya, S. U., & Saragih, S. R. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA/MA. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 143-149. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.10623
Section
Article
Abstract viewed = 349 times
PDF downloaded = 312 times