PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA/MA
Abstract
Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa/I SMA setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing terhadap materi biologi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan desain penelitian Posttest only group control dengan Teknik sampling berupa purpose sampling atau sampling pertimbangan yaitu menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA di kelas X IPA 1 berdasarkan hasil posttest yang telah diberikan setelah proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing dan dibandingkan dengan hasil pretest yang telah diperoleh. Hasil belajar di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas control, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai yang diperoleh yaitu kelas eksperimen yang lebih besar dibandingkan kelas control. Ini juga diperkuat dengan pengujian homogenitas yang hasilnya homogen dan uji hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan strategi pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem terhadap hasil belajar biologi siswa SMA.
Downloads
References
Asmariati. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kinerja Kependidikan, 2 (4), 723-744. Diperoleh dari https://ojs.serambimekkah.ac.id/JKK/article/view/2455
Dwi Lestari, Ni Made. Dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Lagu – Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKN. Journal of Education Technology, 1 (3), 163-168. Diperoleh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/12500
Hadepa Riyadi, Jakra & Wahidah Rahman Noor Malitasari. 2019. Pendidikan Iklusi dan Pendayagunaan Zakat. Yogyakarta: CV. Hikam Media Utama.
Handayani, Triastuti. Dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula Kopertis, 2 (1), 47-58. Diperoleh dari http://103.111.125.15/index.php/curricula/article/view/1543
Hanum, Umi. Dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi. Journal Biology Education, 4 (2), 173-178. Diperoleh dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/8909
Hisbullah & Firman. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 2 (2), 100-113. Diperoleh dari https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/231
Kusumawati, Naniek. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kependidikan dasar Islam berbasis sains, 2 (1), 2-12. Diperoleh dari https://pdfs.semanticscholar.org/4f06/320e47026b48998ba0c4f8c5478a409ea40f.pdf
Ma'arif Tarigan, Mhd. Dkk. 2020. Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh di SMA Swasta Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 3 (2), 313-319. Diperoleh dari http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/776/pdf03
Masruroh, Iffah. Dkk. 2019. Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran IPA. Bioedusiana, 4 (2), 106-113. Diperoleh dari https://doi.org/10.34289/292828
Matondang, Z. Dkk. 2019. Evaluasi Hasil Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Munawaroh Mumun & Ali Alamuddin. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi. EduMa, 3 (2), 163-173. Diperoleh dari https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/62
Mursid, Kiki Barkiah. Dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa DI Mi Al-mursyid Citeureup-Bogor. Jurnal EDUINOVASI, 1 (1), 53-77. Diperoleh dari http://www.journal.laaroiba.ac.id/index.php/eduinovasi/article/view/242
Mustika Agustina, Winner. Dkk. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Diperoleh dari https://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/download/716/333
Puspa Dewi, Md. Dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus Sri Kandi Kecamatan Denpasar Timur. Diperoleh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/924
Raguwan. Dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Molekul Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasangkayu. Jurnal Akademi Kimia, 3 (1), 1-7. Diperoleh dari https://www.neliti.com/id/publications/224084/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-snowball-throwing-terhadap-hasil-bel
Rifaldi Djahir, Ahmad. Dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Kode Smiles Pada Materi Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Akademi Kimia, 3 (4), 222-229. Diperoleh dari https://www.neliti.com/id/publications/224157/penerapan-model-pembelajaran-snowball-throwing-berbantuan-kode-smiles-pada-mater
Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Wijoyo, H. Dkk. 2021. Dampak Pandemi terhadap Kehidupan Manusia (Ditinjau Dari Berbagai Aspek). Sumatra: Insan Cendekia Mandiri.
Suliswa. Dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2 (1), 37-41. Diperoleh dari https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/208
Suria Oktaviani, Md Dwi. Dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3 (1), 89-97. Diperoleh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17662
Copyright (c) 2022 Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.