BLENDED LEARNING BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATAKULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN PRODI BIOLOGI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

  • Ade Adriadi Universitas Jambi
  • Revis Asra Universitas Jambi
  • Mahya Ihsan Universitas Jambi
  • Nanda Rayani Universitas Islam Negeri Sultah Thaha Siafuddin Jambi
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Blended Learning, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah Morfologi Tumbuhan dengan penerapan Blended Learning berbasis Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah tersebut. Pembelajaran berlangsung secara Synchronous dan Asynchronus dengan menggunakan beberapa media seperti WhatApp, Zoom Meeting, Materi dan Video pembelajaran yang dapat diakses di LMS UNJA. Pembelajaran Synchronous dilakukan secara Virtual dan Live sementara Asynchronous dilakukan secara Collaborative dan Mandiri.  Dari penelitian ini didapatkan data Kemampuan berpikir kritis mahasiswa meningkat dari siklus I yang hanya 64% menjadi 91% pada siklus II. Peningkatan yang terjadi sangat signifikan yakni sebanyak 28%. Sedangkan persentase siswa yang melakukan tiap aspek kegiatan pembelajaran pada pertemuan I siklus I awalnya hanya 66% meningkat menjadi 72% pada pertemuan II Siklus I. Kemudian dilakukan observasi lagi pada pertemuan I siklus II dan diperoleh persentase aktivitas mahasiswa dalam berpikir kritis sebesar 75% kemudian meningkat menjadi 87%. Peningkatan ini sudah mencapai kriteria karena minimum keterlaksanaan aktivitas pembelajaran yang baik adalah 85% dari jumlah seluruh siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengukuran kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan observasi aktivitas mahasiswa maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model blended learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan Kelas R001 Semester 2 Program Studi Biologi Universitas Jambi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriana, Jaka. 2015. Project Based Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Ennis, R. H. 1996. Critical Thinking. New Jersey. Prentice-Hall Inc.

Goodman, Brandon and Stivers, J. 2010. Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505.

Grant, M.M. 2002. Getting A Grip of Project Based Learning : Theory, Cases and Recomandation. North Carolina : Meredian A Middle School Computer Technologies. Journal Vol. 5.

Haris Budiman. (2017) Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No. I 2017, P.ISSN: 20869118, E-ISSN: 2528-2476.

http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/issue/view/221

Irwan, Inovasi Pendidikan.http://www.scribd.com/doc/46943395/Inovasi-Kurikulum-Full.Diakses tanggal 16 oktober 2015

Lestari, Tutik. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan Contoh-Contoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikakan (KTSP). (Jakarta : Kencana, 2010), hal. 317-318

Published
2022-10-25
How to Cite
Adriadi, A., Asra, R., Ihsan, M., & Rayani, N. (2022). BLENDED LEARNING BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATAKULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN PRODI BIOLOGI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 206-209. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.11502
Section
Article
Abstract viewed = 299 times
PDF downloaded = 194 times