MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGKINANG KOTA TAHUN 2014
Abstract
ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang Kota semester ganjil tahun pelajaran 2014-2015. Prosedur penelitian ini dilakukan melalui tiga siklus, setiap siklus dilakukan selama 1x45 menit yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Semakin baik kinerja guru dalam menggunakan model pembelajaran demonstration, maka semakin meningkat hasil belajar siswa dalam mengikuti layanan informasi. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yaitu sebagai berikut : siswa yang tuntas pada siklus I pertemuan 1 siswa tuntas sebanyak 19 siswa atau 55,88%, siklus I pertemuan 2 siswa tuntas sebanyak 20 siswa atau 58,82%, siswa yang tuntas siklus II pertemuan 1 siswa tuntas sebanyak 24 siswa atau 70,59%, siklus II pertemuan 2 siswa tuntas sebanyak 26 siswa atau 76,47%, dan untuk siklus III pertemuan 1 siswa tuntas sebanyak 27 siswa atau 79,41%, siklus III pertemuan 2 siswa tuntas sebanyak 29 siswa atau 85,29%. Dari data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang Kota semester ganjil tahun pelajaran 2014-2015.
Downloads
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.