MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF BERGAMBAR ANAK BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR

  • Nurhasnidar Nurhasnidar
Keywords: Kata kunci: kemampuan membaca, permainan kart, huruf bergambar

Abstract

ABSTRAK: Kemampuan membaca anak belum tercapai secara maksimal, karena kurangnya kreatif guru dalam membuat media pembelajaran, oleh karena itu perlu upaya yang bisa meningkatkan kemampuan  membaca  anak  yaitu  melalui  permainan  kartu  huruf  bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan kartu huruf bergambar dan untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan yang terjadi. Serta mengetahui bagaimana pelaksanaan permainan kartu huruf bergambar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 18 orang, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan. Data diambil dari hasil evaluasi setiap akhir   siklus,   penelitian   ini   melibatkan   teman   sejawat   sebagai   pengamat. Berdasarkan data dan hasil persentase peningkatan dari sebelum tindakan yaitu rata-rata  32,36  kemudian  dilakukan  tindakan  pada  siklus  I  dengan  rata-rata 49,02.dengan besar peningkatan yaitu 16,66%, dilanjutkan dengan tindakan pada siklus   II   dengan   rata-rata72,78,   dengan   besar   peningkatan   yaitu   23,76%. Sedangkan  dari  sebelum  tindakan  ke  siklus  II  mengalami  peningkatan  sebesar 40,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak Kelompok B1 di TK Bina Kasih desa Batu Belah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-04-25
How to Cite
Nurhasnidar, N. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF BERGAMBAR ANAK BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 64-83. https://doi.org/10.31849/bl.v2i1.317
Section
Article
Abstract viewed = 195 times
nurhasnidar pdf. downloaded = 0 times