PENGARUH MODEL ANALOGI BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENCEGAH KESALAHAN KONSEP SISWA

  • Nurlaili Nurlaili STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Chairul Fuadi Universitas Lancang Kuning
Keywords: Model pembelajaran analogi, etnosasins, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran analogi berbasis etnosains terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi keanekaragaman hayati. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Meureubo Kab. Aceh Barat. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Mia2 dan X Mia3 yang masing-masing berjumlah 20 siswa dengan keseluruhan 40 siswa. Siswa kelas X Miasebagai kelas kontrol dan X Mia3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Sedangkan desains penelitian yang digunakan adalah desain Pretest-Posttest Control Group Design. Data dalam penelitian ini di dapatkan dari hasil tes pretest dan postets dengan jumlah 20 soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis One Way ANOVA dengan program SPSS 18.0. Sebelum dilakukan uji One Way ANOVA, Data terlebih dahulu di uji Normalitas dan Homogenitas Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran analogi berbasis etnosains lebih baik dari pada kelas yang tidak diberikan perlakuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azmi, M., P. 2015. Mengembangkan Kemampuan Analogi Matematis, (Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika UIN Sultan Syarif Kasyim Riau , Volume 1 No 1), h. 102.
Atmojo. 2012. Profil Keterampilan Proses Sains dan Apresiasi Siswa Terhadap Profesi Pengrajin Tempe Dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), 1(2): 115-122
Glynn, S. M. 2007. The teaching with analogies model. Science and Children, 44(8), 52-55
Hadi,K., et.al. 2019. Integration of Local Wisdom and Problem Based Learning Model in the Innovation of Biology Teaching Materials for Senior High School Students in Aceh – Indonesia. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), vol 6, no. 1, 2019, pp. 52-60. doi: http://dx.doi.org/10.20431/2349-0381.0601006
Hadi, K. 2018. Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Di Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Bionaatural olume 4 No 2 September. (42-52). ISSN 2355-3790.
Kadir. (2014). Merging Analogy and ICT as a Teaching Strategy to Enhance Students’ Thinking Skill & Understanding of Science Concept. Journal Of Applied Sciences Research. Vol 10 No. 15, pp. 27-31.
Lukum, A. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance STAKE. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 19(1) : 25-37.
Novia, Nurjannah, & Kamaluddin. 2015. Penalaran Kausal dan Analogi Berbasis Etnosains dalam Memecahkan Masalah Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 8 dan 9 Juni 2015, Bandung, Indonesia. ISBN: 978-602-19655-8-0
Ramdhayani, E., Ibrahim, M., & Madlazim. 2015. Pembelajaran Sikap Melalui Analogi Dalam Mengajarkan Biologi. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Vol. 5, No. 1, ISSN : 2089-1776.
Treagust, D. F., Harrison, A. G., Venville, G. And Dagher, Z., (1996). Using an Analogical Teaching Approach to Engender Conceptual Change, International Journal of Science Education Vol. 18, 213-229
Walker, D. E. 2009. Promoting Metaphorical Thinking Through Synectics: Developing Deep Thinking Utilizing Abstractions. Advanced Active Learning. Bloomsburg University of Pennsylvania.
Published
2019-10-25
How to Cite
Nurlaili, N., & Fuadi, C. (2019). PENGARUH MODEL ANALOGI BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENCEGAH KESALAHAN KONSEP SISWA. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 109-117. https://doi.org/10.31849/bl.v6i2.3592
Section
Article
Abstract viewed = 404 times
PDF downloaded = 483 times