PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI SMA N 11 PEKANBARU T.A 2016/2017
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan cooperative integrated reading and composition (circ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem sirkulasi kelas XI SMA N 11 Pekanbaru T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016. Penelitian ini menggunakan the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI.IPA yang terdiri dari 5 kelas sebanyak 150 orang siswa. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas XI.IPA2 sebagai kelas kontrol dan XI.IPA4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa setiap kelas 30 orang yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent 2 samples t-test karena data berdistribusi normal dan homogen. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, lembar observasi guru dan siswa. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,73 kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol 0,51 kategori sedang. Dari hasil uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan cooperative integrated reading and composition (circ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem sirkulasi kelas XI SMA N 11 Pekanbaru T.A 2016/2017.
Downloads
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.