PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN MODIFIED FREE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 KOTAPINANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Kotapinang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan sampel sebanyak 3 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Model pembelajaran inkuiri terbimbing diajarkan di kelas X-1, model pembelajaran berbasis inkuiri bebas termodifikasi diajarkan di kelas X-2, dan model pembelajaran berbasis tradisional diajarkan di kelas X-3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kritis berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kovariat dengan menggunakan program SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (F=26.015; P=0.000). Keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (75,00 ± 8,701) tidak berbeda nyata dengan model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi (79,03 ± 8,930) (P=0,161), dan tidak berbeda signifikan dengan model pembelajaran tradisional ( 70,00 ± 10,142) (P=0,062). Namun berbeda sangat signifikan antara model pembelajaran inkuiri bebas modifikasi dengan tradisional (P=0,000). Hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing atau model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi saat mengajar materi pencemaran lingkungan guna meningkatkan daya pikir kritis siswa.
Downloads
References
Ariyati, E. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA , 1 (2), 1-11.
Ennis, R. (1993). Critical Thinking Assessment. Theory into Practice , 32 (3), 179-186.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Hapsari, D. P., Suciati, S., dan Marjono. (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dengan Diagram V (Vee) dalam Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi, 4(3): 16-28.
Maryam, K. I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA MAN 2 Mataram. Jurnal Pijar MIPA , 14 (3), 154-161.
Masitoh, I. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA pada Materi Pencemaran Lingkungan di Surakarta. Jurnal Bioedukasi , 10 (1), 71-79.
Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 4 (1), 51-71.
Quitadamo, I. J., C. L. Faiola, J. E. Johnson, and M. J. Kurtz. (2011). Community-based Inquiry Improves Critical Thinking in General Education Biology. CBE-Life Sciences Education, 7(3): 327-337.
Rahmatsyah dan Simamora, H. (2011). Pengaruh Keterampilan Proses Sains melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Gerak di Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2): 15-16.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Saputri, N. I. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V melalui Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran IPA di SDN Punukan, Wates, Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Sekolah Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Suhari. (2010). Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bebas Termodifikasi dan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IT. Tesis. Pascasarjana. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanti, Dini. (2013). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa SMA Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Alkana. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Wilson, D. C., Taylor, J. A., Kowalski, S. M., Carlson, J. (2010). The Relative Effects and Equity Inquiry-Based and Commonplace Science Teaching on Students’ Knowledge, Reasoning, and Argumentation. Journal of Research in Science Teaching, 47(3): 276-301.
Copyright (c) 2021 Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.