PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GROUP TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH BATAM

  • Nurhaty Purnama Sari Universitas Riau Kepulauan
  • Sahika Della Universitas Riau Kepulauan
  • Fenny Agustina Universitas Riau Kepulauan
Keywords: Team Games Tournament, one group pretest posttest, coordination system

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini pre eksperimen. Bentuk desain yaitu the one group pretest posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah  hanya kelas XI IPA, sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik penggumpulan data menggunakan soal objektif pilihan berganda sebelum pembelajaran dimulai dan berakhirnya proses pembelajaran. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunaka uji kolmogorov smirnov yang diperoleh data berdistribusi normal asymp.sig (2-tailed) 0,193 > 0,05. Uji homogenitas menunjukkan data homogen karena nilai signifikan 0,086 > 0,05. Setelah itu dilanjutkan dengan uji prasayat paired t-test dengan nilai sig.(2-tailed) 0,000<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran team games tournament (TGT) menggunakan media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Batam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abarca, R. M. (2020). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Mandarin.Bahasa Indonesia Prima, 2(2), 2013–2015.

Amalia, N.H., dan Hidayat, N. (2018). Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas Iii Mi Ma’arif Giriloyo 1 Bantul 1xuu+Lnpdkk$Pdolddd1xuu+LgdDw. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10, 1.

Fathan, A., Nurul, M. A., Kragan, H., & Artikel, I. (2021). Penerapan Teka-Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas X Ma. 1(1), 40–49.

Hikmah, M., Anwar, Y., & Riyanto. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 56–73.

Muzaemah. (2018). Penerapan Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar siswa Sekolah Menengah Pertama. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 34–40.

Nurkusuma, A., Achmadi, & Utomo, B. B. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Teka-Teki Silang Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(6), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/41060

Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Software Cabri 3D Di Tinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 143–154. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.43

Rahmawati, R. (2019). Teams Games Tournament (TGT) sebagai strategi mengaktifkan kelas dengan mahasiswa yang mengalami hambatan komunikasi. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(2), 70–76. https://doi.org/10.21831/jpk.v14i2.25169

Rukmi, J., Sulton, S., & Husna, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Materi Sistem Koordinasi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 456–465. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p456

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulfia, U., & Habibati, H. (2018). Penerapan Media Teka-Teki Silang Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 6–15. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9457

Susanna. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas Xi Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2832

Utami, N. P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IVb SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. http://eprints.uad.ac.id/16811/

Yudianto, W. D., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 3(2), 110. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v3i2.1622

Published
2022-04-25
How to Cite
Sari, N. P., Della, S., & Agustina, F. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GROUP TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH BATAM. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1-9. https://doi.org/10.31849/bl.v9i1.9407
Section
Article
Abstract viewed = 82 times
PDF downloaded = 70 times