PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GROUP TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH BATAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini pre eksperimen. Bentuk desain yaitu the one group pretest posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah hanya kelas XI IPA, sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik penggumpulan data menggunakan soal objektif pilihan berganda sebelum pembelajaran dimulai dan berakhirnya proses pembelajaran. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunaka uji kolmogorov smirnov yang diperoleh data berdistribusi normal asymp.sig (2-tailed) 0,193 > 0,05. Uji homogenitas menunjukkan data homogen karena nilai signifikan 0,086 > 0,05. Setelah itu dilanjutkan dengan uji prasayat paired t-test dengan nilai sig.(2-tailed) 0,000<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran team games tournament (TGT) menggunakan media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Batam.
Downloads
References
Abarca, R. M. (2020). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Mandarin.Bahasa Indonesia Prima, 2(2), 2013–2015.
Amalia, N.H., dan Hidayat, N. (2018). Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas Iii Mi Ma’arif Giriloyo 1 Bantul 1xuu+Lnpdkk$Pdolddd1xuu+LgdDw. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10, 1.
Fathan, A., Nurul, M. A., Kragan, H., & Artikel, I. (2021). Penerapan Teka-Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas X Ma. 1(1), 40–49.
Hikmah, M., Anwar, Y., & Riyanto. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 56–73.
Muzaemah. (2018). Penerapan Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar siswa Sekolah Menengah Pertama. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 34–40.
Nurkusuma, A., Achmadi, & Utomo, B. B. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Teka-Teki Silang Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(6), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/41060
Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Software Cabri 3D Di Tinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 143–154. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.43
Rahmawati, R. (2019). Teams Games Tournament (TGT) sebagai strategi mengaktifkan kelas dengan mahasiswa yang mengalami hambatan komunikasi. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(2), 70–76. https://doi.org/10.21831/jpk.v14i2.25169
Rukmi, J., Sulton, S., & Husna, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Materi Sistem Koordinasi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 456–465. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p456
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulfia, U., & Habibati, H. (2018). Penerapan Media Teka-Teki Silang Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 6–15. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9457
Susanna. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas Xi Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2832
Utami, N. P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IVb SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. http://eprints.uad.ac.id/16811/
Yudianto, W. D., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 3(2), 110. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v3i2.1622
Copyright (c) 2022 Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.