Pelatihan Aplikasi Desain Canva Bagi Para Peneliti Muda

  • Lusi Dwi Putri Universitas Lancang Kuning
  • Apriliana Hidayati Nurdin Universitas Lancang Kuning
Keywords: canva, desain grafis, pelatihan

Abstract

Canva adalah aplikasi desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat ini tersedia dalam beberapa versi, yaitu pada versi web, iPhone, dan Android. Di masa seperti sekarang ini, lembaga pendidikan memberikan pelajaran tentang bagaimana mendesain suatu hal untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah Perguruan Tinggi. Salah satu contoh pengabdian yang dibuat oleh Perguruan Tinggi ialah memberikan pelatihan kepada masyarakat atau lebih tepatnya adalah para peneliti muda sebagai bentuk praktik terhadap ilmu yang telah diberikan. Kegiatan pelatihan ini juga bertujuan agar para peneliti muda dapat lebih matang dan siap untuk menuangkan ide karya mereka dan membawa nama baik pribadi, lembaga ataupun sampai ke tingkat Universitas. Hasil yang diperoleh adalah mitra memahami cara menggunakan aplikasi desain grafis Canva, dari 25 (dua puluh lima) orang peserta dengan nilai ‘Sangat Baik’ sebesar 12%, nilai ‘Baik’ sebesar 60% nilai ‘Sedang’ 28% dan nilai ‘Tidak Tampil’ sebesar 0%. Hasil lainnya berupa bahan ajar tentang Desain Grafis Canva dan artikel ke Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Kesimpulan yang diperoleh adalah meningkatnya kapasitas mitra dalam menggunakan aplikasi Desain Grafis Canva.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa Melalui Model Workshop Dalam Perkuliahan Kepenulisan Pada Program Nonkependidikan Jurusan Pendidikan Bahasa. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.

Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online. JURNAL ILMIAH PRO GURU.

Mukti, P., Sujoko, Shanty, P., & Yuniati, R. (2020). Pembelajaran Rumah Anak Berbasis Multiple Intelligence. PLAKAT , 2.

Prawiro, M. (2018, September 03). Seni Rupa: Pengertian, Unsur-Unsur, Fungsi, dan Jenisnya. Retrieved September 21, 2023, from Maxmanroe.com: https://www.maxmanroe.com/vid/umum/seni-rupa.html

Reddy, P., Chaudary, K., & Husein, S. 2023. A Digital Literacy Model to Norrow The Digital Literacy Skills Gap. Heliyon, 9(4):4878.

Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. PLAKAT.

Triyanto, T., Marefanda, N., Maifizar, A., Nurkhalis, N., Saputra, A., Yana, R. H., & Lestari, Y. S. (2020). Transfer Knowledge: Submit Artikel Pada Jurnal Online.

Published
2024-05-14
How to Cite
Putri, L. D., & Apriliana Hidayati Nurdin. (2024). Pelatihan Aplikasi Desain Canva Bagi Para Peneliti Muda. FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 178-184. https://doi.org/10.31849/fleksibel.v5i1.18640
Abstract viewed = 0 times
Pdf downloaded = 0 times