Identifikasi Kerentanan Kinerja Perkerasan Jalan Terhadap Aktivitas Overload Kendaraan Menggunakan Program KENPAVE

  • Muhamad Abdul Hadi Universitas Islam Indonesia
Keywords: kinerja perkerasan, overload kendaraan, KENPAVE

Abstract

Fenomena Over Dimension Over Load (ODOL) merupakan salah satu permasalahan transportasi di Indonesia terutama peran negatifnya terhadap kerusakan perkerasan jalan. Berfokus pada aspek overload dan kerusakan jalan, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar dampak yang diberikan oleh aktivitas overload kendaraan terhadap kinerja suatu perkerasan jalan sehingga kedepannya fenomena ini dapat diantisipasi dan diminimalisir keberadaannya. Penelitian dilakukan dengan cara penerapan simulasi aktivitas overload kendaraan sebesar 0%, 20%, 40%, 60%, 80%, dan 100% pada ruas jalan dengan kriteria arteri atau ruas jalan yang sebagian besar dilalui oleh kendaraan ringan dan berat dengan rute antar kota, antar provinsi, ataupun antar pulau di Indonesia. Pada penelitian ini, ruas jalan yang dipilih dan memenuhi kriteria tinjauan adalah ruas jalan batas Kabupaten Kampar – batas Kota Bangkinang. Setelah simulasi aktivitas overload dan lokasi telah ditetapkan, maka selanjutnya dilakukan proses analisis menggunakan program KENPAVE untuk mengeksplorasi nilai dan tingkat kerentanan kinerja perkerasan terhadap aktivitas overload tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas overload kendaraan akan memberikan dampak berupa peningkatan nilai Cumulative Equivalent Single Axle (CESA) yang kemudian secara signifikan mulai mempengaruhi penurunan sisa umur perkerasan ketika aktivitas overload 40% - 100% diterapkan. Penurunan ini menyebabkan kehilangan umur masa layanan perkerasan sebesar 57,62% – 13,87% dari umur rencana semula, yaitu 10 tahun. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis ialah bahwa perkerasan jalan memiliki kerentanan penurunan kinerja yang serius akibat adanya fenomena ODOL terutama overload. Fenomena ini akan mengakibatkan peningkatan mekanisme pembebanan yang kemudian berpotensi untuk memicu penurunan masa umur pelayanan jalan sebelum umur rencananya tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidi, J., Haniza, S., & Shaleh, A. (2022). Analisis Beban Kendaraan Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan. Jurnal Gradasi Teknik Sipil, 6(2), 135–141. https://doi.org/10.31961/ gradasi.v6i2.1350

Anwar, K. G., Tamin, O. Z., & Najid. (2020, November). Analisis Pengaruh Kendaraan Over Dimension overload (ODOL) Terhadap Perkerasan Jalan. Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi Ke-23.

Aptarila, G., Lubis, F., & Saleh, A. (2020). Analisa Kerusakan Jalan Metode SDI Taluk Kuantan – Batas Provinsi Sumatera Barat. SIKLUS : Jurnal Teknik Sipil , 6(2), 195–203. https://doi.org/10.31849/siklus.v6i2.4647

Asphalt Institute. (1982). Research and Development of The Asphalt Institute’s Thickness Design Manual (MS-1), 9th edition.

Budiarnaya, P., Ariawan, I. P., Wismantara, I. G. N. N., & Puspasari, I. G. P. (2021). Analisa Kerusakan dan Anggaran Perbaikan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI). SIKLUS : Jurnal Teknik Sipil , 7(2), 197–207. https://doi.org/10.31849/siklus.v7i2.7692

Dinata, I. D., Rahmawati, A., & Setiawan, D. M. (2017). Evaluasi Tebal Perkerasan Lentur dengan Metode Analisa Komponen dari Bina Marga 1987 dan Metode AASHTO 1993 Menggunakan Program KENPAVE (Studi Kasus: Jalan Karangmojo-Semin Sta 0+000 sampai Sta 4+050). Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, 20(1), 8–19. http://nptel.ac.in/courses

Gautama, N. W., Dewi, P. A. G. K., Sandri, P. D. A., Pribadi, O. S., Istiyanto, B., Soimun, A., Navianti, D. R., & Darmayanti, N. L. (2022). Sosialisasi Zero Over Dimension Over Loading (ODOL) Kepada Pengemudi dan Pemilik Angkutan Barang di Terminal Barang Dishub Kota Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi, 2(1), 9–14.

Hadi, M. A., & Fauziah, M. (2022). Studi Komparasi Prediksi Umur Pelayanan Antara Campuran Superpave dan AC-WC Meng gunakan Permodelan Viskoelastik dan Elastik. Teknisia, 27(2), 71–82. https://doi.org/10.20885/teknisia.vol27.iss2.art1

Hadi, M. A., & Tolab, L. Z. (2022, November 1). Studi Analisis Sensitivitas Kinerja Struktur Perkerasan Jalan Terhadap Pengaruh Perubahan Temperatur. Konferensi Nasional Inovasi Lingkungan Terbangun.

Hakim, I. N., & Kushari, B. (2019). Kaji Ulang Desain Tebal Perkerasan Lentur pada Ruas Jalan Pakem-Prambanan Untuk Mengantisipasi Peningkatan Status Jalan. Konferensi Nasional Inovasi Lingkungan Terbangun.

Manual Perkerasan Jalan (Revisi Juni 2017) Nomor 04/SE/Db/2017, Direktorat Jenderal Bina Marga (2017).

Pais, J. C., Amorim, S. I. R., & Minhoto, M. J. C. (2013). Impact of Traffic Overload on Road Pavement Performance. Journal of Transportation Engineering, 139(9), 873–879. https://doi.org/10. 1061/(ASCE)TE.1943-5436.000 0571

Rajendra, A. B. K., & Vaza, H. (2022). Isu Over Dimension Over Loading (ODOL) Angkutan Logistik dan Konsep Solusi Strategis. Prosiding Konferensi Regional Teknik Jalan.

Ramadhani, R. I., & Fauziah, M. (2018). Evaluasi Tebal Perkerasan Lentur dengan Metode Bina Marga 2013 dan Metode Mekanistik-Empirik Menggunakan Program KENPAVE pada Ruas Jalan Jogja–Solo. Civil Engineering and Environment Symposium.

Rind, T. A., Memon, N. A., & Qureshi, M. S. (2017). Analysis and Design of Flexible Pavement Using Emperical-Mekanistic Base Software (KENPAVE). Inter national Conference on Sustainable Development in Civil Engineering.

Tyastantri, H. S. (2023). Analisis Beban Kendaraan Terhadap Kerusakan Perkerasan Lentur di Jalan Raya Narogong Kota Bekasi (Sta 0+000 sampai Sta 4+050) [Tugas Akhir]. Universitas Mercu Buana.

Yulianto, D., & Fauziah, M. (2019). Analisis Nilai Sisa Perkerasan Lentur Akibat Beban Berlebih Kendaraan (Overloading) dengan Metode Empirik dan Metode Mekanistik – Empirik dengan Program KENPAVE pada Ruas Jalan Purworejo - Jogja. Konferensi Nasional Inovasi Lingkungan Terbangun (ILT) Ke - 5.

Published
2023-10-24
How to Cite
Hadi, M. A. (2023). Identifikasi Kerentanan Kinerja Perkerasan Jalan Terhadap Aktivitas Overload Kendaraan Menggunakan Program KENPAVE. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 9(2), 95-104. https://doi.org/10.31849/siklus.v9i2.15081
Section
Articles
Abstract viewed = 128 times
pdf downloaded = 105 times