Analisa Biaya Dan Waktu Penggunaan Aluma System dan Scaffolding Proyek Arandra Residence Jakarta

  • Mafriyal Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi, Teknik Sipil, Politeknik Negeri Padang
  • Monika Natalia Politeknik Negeri Padang
  • Hendra Alexander Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi, Teknik Sipil, Politeknik Negeri Padang
  • Febriansyah Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi, Teknik Sipil, Politeknik Negeri Padang
  • Aprilian Ambar Putra Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi, Teknik Sipil, Politeknik Negeri Padang
Keywords: Aluma system; scaffolding; biaya; waktu

Abstract

Biaya bekisting/perancah termasuk komponen biaya terbesar pada pekerjaan struktur bertingkat. Dari total biaya konstruksi, perkiraan biaya bekisting adalah 10% dan berkisar 40 s/d 60 persen dari biaya beton bertulang. Oleh sebab itu biaya bekisting membutuhkan perhatian khusus, jika kurag tepat dapat menimbulkan pembengkakan biaya dan keterlambatan penyelesaian proyek. Mengingat pekerjaan selanjutnya yaitu pembesian dan pengecoran beton tergantung pada pekerjaan bekising ini. Penelitian ini dilakukan pada Proyek Apartment Arandra Residence Jakarta untuk pekerjaan bekisting balok dan pelat lantai. Disini akan dibandingkan 2 jenis bekisting yaitu bekisting aluma dan scaffolding. Tinjauan dilakukan untuk 15 lantai, dimana balok dan pelat lantainya menggunakan beton fc’ 35. Dari hasil penelitian, diperoleh waktu pelaksanaan pekerjaan bekisting scaffolding 270 hari sedangkan bekisting aluma system 210 hari. Biaya penggunaan bekisting scaffolding sebesar Rp. 5.079.575.760,00 sedangkan bekisting aluma system sebesar Rp. 6.857.471.478,00Penggunaan bekisting aluma system lebih cepat 60 hari dan lebih murah 16,96% dibandingkan bekisting scaffolding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artiani GP, Hidayat K. (2019). Perbandingan Biaya, Mutu dan Waktu Penggunaan Bekisting Multipleks dengan Bekisting Fiberglass pada Pekerjaan Pile Cap. Jurnal Kajian Teknik Sipil, 4(1), 20-29.
Fandi M, Putri YE. (2020). Perbandingan Waktu dan Biaya Konstruksi Pekerjaan Bekisting Metode Semi Sistem dengan Metode Table Form (Studi Kasus: Proyek FMipa Tower ITS Surabaya). Tugas Akhir, Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh November.
Faturrahman R. (2014). Optimalisasi Waktu dan Biaya Pekerjaan Bekisting Untuk Gedung Bertingkat Dengan Sistem Zoning pada Pembangunan Gedung Dinas Pendapatan Daerah Kab. Kutai Kartanegara. Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil, 4(1).
Fitriansyah KR. (2017). Analisis Pada Pelaksanaan Pekerjaan Bekisting Plat Lantai Menggunakan bekisting Ring-Lock Scaffolding dan Aluma System terhadap Perbandingan Biaya dan Waktu (Studi Kasus: Proyek Menteng Park Kota Kasablanka). Tugas Akhir. Teknik Sipil, Universitas Mercubuana.
Hadi H. (2019). Mempercepat Konstruksi Pada Bangunan Bertingkat Dengan Aluma Flying Table. https://www.ilmubeton.com/2019/11/AlumaFlyingTable.html.
Muis A, Trijetti. (2013). Analisis Bekisting Metode Semi Sistem dan Metode Sistem pada Bangunan Gedung. Jurnal Konstruksia, 4(2), 27-38.
Nasir YA. (2010). Optimalisasi Waktu dan Biaya Pekerjaan Bekisting melalui Sistem Siklus Pemakaian dan Sistem Zoning pada Gedung Bertingkat (Studi Kasus: Proyek Universitas Gadjah Mada Kampus Jakarta). Skripsi, Departemen Teknik Sipil, Universitas Indonesia.
Pratama HS, Anggraeni RK, Hidayat A dan Khasani RR. (2017). Analisa Perbandingan Penggunaan Bekisting Konvensional, Semi Sistem dan Sistem pada Kolom Gedung Bertingkat. Jurnal Karya Teknik Sipil, (6)1, 303-313.
Rabi A, Widiasanti I dan Neolaka A. (2009). Perbandingan Waktu Pelaksanaan anatar Bekisting Sistem (Table Formwork) dengan Bekisting Semi Sistem (Scaffolding) pada Pelat Struktur Gedung. Jurnal Menara, Jurusan Teknik Sipil FT. UNJ, IV(2), 1-16.
Saraswati YND, Indriyani R. (2015). Analisa Perbandingan Penggunaan Bekisting Konvensional dengan Bekisting Sistem Table Form pada Konstruksi Gedung Bertingkat. Jurnal Teknik POMITS, (1)1, 67-71.
Wijaya IBA, Djakfar L dan Budio SP. (2012). Studi Perbandingan Biaya Bekisting Semi Modern dengan Bekisting Konvensional pada Bangunan Gedung. Jurnal Rekayasa Sipil, 6(3), 237-246.
Yazid, Permadina FA. (2019). Analisa Perbandingan Metode Bekisting Berdasarkan Jumlah Tenaga Kerja. Spirit of Civil Engineering
Published
2022-04-14
How to Cite
Mafriyal, Natalia, M., Alexander, H., syah, F., & Putra, A. A. (2022). Analisa Biaya Dan Waktu Penggunaan Aluma System dan Scaffolding Proyek Arandra Residence Jakarta. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 8(1), 86-99. https://doi.org/10.31849/siklus.v8i1.9560
Section
Articles
Abstract viewed = 594 times
pdf downloaded = 736 times