Deteksi Serangan DDoS Dan Sniffing Pada Jaringan Wireless Di Lab Informatika Um Surabaya Dengan Metode Vulnerability Assessment

  • Rafih Anugerah Julyan Rahmat Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Nuniek Fahriani Universitas Muhammadiyah Surabaya
Keywords: DDoS, Sniffing, Wireless LAN

Abstract

Masyarakat telah menikmati perkembangan teknologi khususnya di bidang informasi salah satunya yang telah berkembang saat ini adalah internet. Dalam penggunaannya, jaringan yang dipakai oleh masyarakat adalah kabel LAN maupun Wireless LAN (Tanpa Kabel), adapun kerentanan terhadap keamanan jaringan yang melakukan serangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab yaitu hacker yang bisa mengeksploitasi data penting dari pengguna, menyadap data seperti password dan mengubah isi data penggunanya. Adapun tools atau aplikasi yaitu Wireshark yang digunakan untuk menganalisa protokol jaringan dan mengaudit keamanan jaringan. Suatu Jaringan pun bisa down akibat serangan dari DDOS (Disc Denial Of  Service) dan jaringan pun dapat juga disadap (Sniffing) dengan mudahnya menggunakan tools – tools yang tersedia. Dari hasil penelitian ini terdapat adanya kerentanan jaringan yang terdapat pada jaringan Lab. Teknik UMSurabaya. Maka diharapkan dengan adanya penelitian ini agar dilakukan tindakan pengamanan pada jaringan Lab. Teknik UMSurabaya agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. R. C. K. Yudi Mulyanto, "Analisis Keamanan Wireless Local Area Network (WLAN) Terhadap Serangan Brute Force Dengan Metode Penetration Testing," p. 10, 2022.
J. S. A. S. H. S. Sondy Kumajas, "Wireless Local Area Network Security through Protocol Wireless Protected Access," International Journal of Information Technology and Education (IJITE), p. 12, 2022.
J. P. P. I. P. M. H. T. Jayvirsinh, "Analysis and Implementation of Domain Hosting and WHOIS Data Web Application," p. 6, 2021.
M. L. S. G. C. H. G. a. T. F. Florian Streibelt, "Back-to-the-Future Whois: An IP Address," p. 18, 2023.
A. S. L. X. B. N. Abraham Yano Suharmanto, "Analisa Keamanan Jaringan Wireless Di Universitas Sam Ratulangi," p. 10, 2018.
M. T. A. L. L. D. ,. I. C. ,. I. C. ,. F. N. H. ,. D. M. S. ,. D. A. ,. A. A. P. ,. A. M. Putri Tsania Mahmud, "SNIFFING JARINGAN MENGGUNAKAN WIRESHARK," p. 4, 2019.
A. G Jain, "Application of SNORT and Wireshark in Network," p. 9, 2021.
I. A. U. D. G. S. M. I Kadek Noppi Adi Jaya1, "Implementation of Wireshark Application in Data Security Analysis on LMS Website," Journal of Computer Networks, Architecture and High Performance Computing, p. 8, 2022.
Y. F. H. Y. B. F. N. O. Yunanri W, "Analisis Keamanan Website Terhadap Serangan DDOS Menggunakan Metode National Institute of Standards and Technology(NIST)," KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, p. 7, 2023.
S. R. S. B. Frenly Kristianto, "ANALISIS KERENTANAN PADA WEBSITESERVIO MENGGUNAKAN ACUNETIX WEB VULNERABILITY," p. 10, 2022.
Published
2024-01-07
How to Cite
Rafih Anugerah Julyan Rahmat, & Nuniek Fahriani. (2024). Deteksi Serangan DDoS Dan Sniffing Pada Jaringan Wireless Di Lab Informatika Um Surabaya Dengan Metode Vulnerability Assessment. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 2(1), 88-96. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Semaster/article/view/18460
Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 6 times