Implementasi Kriptografi Dengan Metode RSA Untuk Keamanan Data Pada Email Berbasis PHP

  • Novanto Prio Utomo Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Nuniek Fahriani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M. Amirul Universitas Muhammadiyah Surabaya
Keywords: Email, Kriptografi RSA, Keamanan data

Abstract

Email merupakan salah satu platform yang digunakan untuk melakukan pertukaran data atau informasi yang masih tetap digunakan sampai sekarang. Email lebih sering digunakan untuk pertukaran informasi dengan pihak-pihak tertentu seperti penulis jurnal ataupu buku. Dalam sebuah pertukaran informasi data atau informasi yang ada dapat dimanipulasi oleh pihak ketiga sehingga data dengan sis yang berbeda akan diterima oleh penerima. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah mekanisme untuk mengamankan data yang disimpan didalamnya, sehingga data tersebut tidak dapat dibaca ataupun dimanipulasi oleh pihak yang tidak berwenang. Dalam penelitian ini menggunakan algoritma kriptografi RSA untuk mengamankan data yang ada. RSA sendiri merupakan algoritma kriptografi asimetris yang menggunakan sepasang kunci, yaitu kunci public dan kunci pribadi. Keamanan algoritma RSA terletak pada sulitnya memfaktorkan bilangan prima. Dalam penelitian ini pengujian dilakukan dengan memasukkan data atau informasi yang akan dikirim melalui email ataupun platform lainnya. Data yang akan dikirimkan kemudian dienkripsi menggunakan algoritma kriptografi RSA. Sehingga data atau informasi yang disimpan ke dalam email berupa data chipertext yang tidak bisa dibaca oleh pihak yang tidak berwenang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. M. Annur, "Indonesia Masuk 3 Besar Negara dengan Kasus Kebocoran Data Terbanyak Dunia," 13 09 2022. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id.
F. R. I. G. Selli Oktaviani, "Analisis Keamanan Data Dengan Menggunakan Kriptografi Modern Algoritma Advance Encryption Standar (AES)," Jurnal Media Informatika, 2023.
F. F. P. F. A. S. S. Agus Setiawan, "SISTEM KEAMANAN PESAN TEKS WEB-BASED MENGGUNAKAN RSA PADA UNIT PELAYANAN PEMUNGUTAN PAJAK TAMBORA," Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2023.
D. I. M. Fatonah, "Implementasi Metode Rivest Shamir Adleman untuk Enkripsi dan Dekripsi Text," Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer ( JICOM), 2022.
H. B. S. B. T. W. Raina Nabila Nizatsary, "PENERAPAN KEAMANAN DATA SISWA MENGGUNAKAN INTERNATIONAL DATA ENCRYPTION ALGORITHM (IDEA) DAN RIVEST SHAMIR ADLEMAN (RSA)," Informatik : Jurnal Ilmu Komputer, 2022.
I. C. E, "KEAMANAN DATA MENGGUNAKAN GABUNGAN KRIPTOGRAFI AES DAN RSA," SENDIU , 2021.
A. Tampubolon, "Implementasi Kombinasi Algoritma RSA dan Algoritma DES Pada Aplikasi Pengaman Pesan Teks," Jurnal SAINTIKOM, 2021.
S. W. Reychan Davia Al Huday, "Pengamanan File Rekam Medis Pada Puskesmas Larangan Utara Menggunakan Algoritma Kriptografi RSA Berbasis Web," Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2022.
M. S. N. W. I. S. A. B. N. Irma Listiani, "PERANCANGAN KEAMANAN DATA PASIEN DI KLINIK KECANTIKAN RATU BEAUTY STUDIO MENGGUNAKAN METODE KRIPTOGRAFI RSA," JINTEKS, 2022.
D. I. M. Fatonah, "Implementasi Metode Rivest Shamir Adleman untuk Enkripsi dan Dekripsi Text," Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer ( J-ICOM), 2022.
T. M. E. A. Yuda Purnama Putra, "IMPLEMENTASI SUPER ENKRIPSI AES DAN RSA PADA PENGAMANAN DATA REKAM MEDIS PASIEN," JURNAL VOI (VOICE OF INFORMATICS), 2022.
P. H. U. Ilyas Mahfud, "Implementasi Sistem Kriptografi RSA Signature dengan SHA-256 pada Mekanisme Autentikasi REST API," Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 2022.
Published
2024-01-07
How to Cite
Novanto Prio Utomo, Nuniek Fahriani, & M. Amirul. (2024). Implementasi Kriptografi Dengan Metode RSA Untuk Keamanan Data Pada Email Berbasis PHP. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 2(1), 97-105. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Semaster/article/view/18461
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 8 times