Analisa Sentimen Pengunjung Hotel Menggunakan Metode Naïve Bayes
Abstract
Review diberikan para pengunjung sangat penting ditelaah lebih lanjut agar kualitas hotel lebih meningkat.Banyaknya Review para pengunjung hotel membutuhkan waktu lama untuk mengulas satu per satu. untuk mengumpulkan ulasan dan menganalisis dengan jumlah data berskala besar diperlukan suatu teknik. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan analisis sentiment pada review pengunjung Hotel dengan menggunakan metode algoritma Naïve Bayes. Tools yang digunakan Google Colaboratory dan menggunakan Algoritma Naïve Bayes untuk mencari akurasi hotel. Dengan menggunakan Algoritma Naïve Bayes menghasilkan akurasi dari Hotel Arena memiliki akurasi 0.74, K K Hotel George 0.94, Hotel Claridge Paris 0.92, Suite Hotel 900 m zur Oper 0.84, Atlantis Hotel Vienna 0.86.
Downloads
References
Movie Review Menggunakan Naive Bayes Classifier Dengan Seleksi Fitur Chi Square.
Jurnal, 2(1). https://doi.org/10.30812/bite.v2i1.804
[2] Azza Amira, S., Utama, S., & Muhammad Hanif Fahmi, dan. (2020). Edu Komputika
Journal Penerapan Metode Support Vector Machine untuk Analisis Sentimen pada
Review Pelanggan Hotel. Edu Komputika, 7(2).
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom
[3] Bijaksana, A., Negara, P., Muhardi, H., & Putri, I. M. (2020). ANALISIS SENTIMEN
MASKAPAI PENERBANGAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES DAN SELEKSI
FITUR INFORMATION GAIN SENTIMENT ANALYSIS ON AIRLINES USING NAÏVE BAYES
METHOD AND FEATURE SELECTION INFORMATION GAIN. 7(3), 599–606.
https://doi.org/10.25126/jtiik.202071947
[4] Cahyani, R., & Pandu Adikara, P. (2019). Analisis Sentimen terhadap Ulasan Hotel
menggunakan Boosting Weighted Extreme Learning Machine (Vol. 3, Issue 8). http://jptiik.ub.ac.id
[5] Darwis, D., Siskawati, N., & Abidin, Z. (n.d.). Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk
Analisis Sentimen Review Data Twitter BMKG Nasional. 15(1).
[6] Dini Utami, L., Rachmi, H., Nurlaela, D., & Informasi Kampus Kota Bogor, S. (2018).
KOMPARASI ALGORITMA KLASIFIKASI PADA ANALISIS REVIEW HOTEL. 14(2), 261.
www.bsi.ac.idwww.bsi.ac.id
[7] Khofifah, W., Rahayu, D. N., & Yusuf, A. M. (2022). Analisis Sentimen Menggunakan
Naive Bayes Untuk Melihat Review Masyarakat Terhadap Tempat Wisata Pantai Di
Kabupaten Karawang Pada Ulasan Google Maps. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi
Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 16(4).
https://doi.org/10.35969/interkom.v16i4.192
[8] Kusuma, A., & Nugroho, A. (2021). Analisa Sentimen Pada Twitter Terhadap Kenaikan
Tarif Dasar Listrik Dengan Metode Naïve Bayes. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi
Asia, 15(2). https://doi.org/10.32815/jitika.v15i2.557
[9] Nasution, N., Djahara, K., & Zamsuri, A. (2015). Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa
Menggunakan Algoritma Naïve Bayes (Studi Kasus: Fasilkom Unilak). Digital Zone:
Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(2), 1-11.
[10] Program, A. T., Sistem, S., Stmik, I., Mandiri, N., Jl, J., Damai, N., Barat, W. J., & Selatan, J.
(2017). Optimasi Particle Swarm Optimization Sebagai Seleksi Fitur Pada Analisis
Sentimen Review Hotel Berbahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Naïve Bayes.
Jurnal Teknik Komputer, III(2). http://www.tripadvisor.com
[11] Taufik STMIK Nusa Mandiri Jakarta Jl Damai No, A., Jati Barat Jakarta Selatan, W., &
Sitasi, C. (2018). Komparasi Algoritma Text Mining Untuk Klasifikasi Review Hotel.
Jurnal Teknik Komputer, 2, 112–118. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.3461
[12] Thomas, V. W. D., & Rumaisa, F. (2022). Analisis Sentimen Ulasan Hotel Bahasa
Indonesia Menggunakan Support Vector Machine dan TF-IDF. JURNAL MEDIA
INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(3), 1767. https://doi.org/10.30865/mib.v6i3.4218
[13] Utami, D. S., Erfina, A., & Id, M. A. (2022). Analisis Sentimen Ulasan Terkait UNESCO
Global Geopark Di Google Maps dengan Algoritma Naive Bayes. In Jurnal Sains
Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 6, Issue 2).