Analisis Perbandingan Algoritma C4.5 Dan Naive Bayes Dalam Penentuan Penjurusan Siswa Sma Negeri 11 Pekanbaru

  • Yogi Hadinakris Universitas Lancang Kuning
  • Loneli Costaner Universitas Lancang Kuning
  • Ahmad Zamsuri Universitas Lancang Kuning
Keywords: Perbandingan Algoritma, penjurusan, DataMining, C4.5, Naïve Bayes

Abstract

Penentuan penjurusan akan berpengaruh pada jenjang akademik berikutnya dan akan membawa pengaruh dalam bidang ilmu atau studi bagi siswasiswi yang akan meneruskan
ke jenjang perguruan tinggi berikutnya, sehingga penjurusan yang tidak tepat akan merugikan siswa pada masa depannya. Terdapat kelemahan dalam penentuan penjurusan selama ini, diantaranya berpatokan pada keinginan siswa tanpa meninjau bagaimana latar belakang nilai akademisnya. Akibatnya jurusan yang dipilih terkadang menjadi masalah bagi siswa di kemudian hari, contohnya saja nilai akademik yang kurang maksimal, pada akhirnya pemilihan program studi saat meneruskan ke jenjang perguruan tinggi terkendala akibat jurusan SMA yang tidak tepat. Pada penelitian ini dilakukan klasifikasi penentuan penjurusan siswa dengan algoritma C4.5 dan Naive Bayes, penelitian
ini menggunakan data nilai siswa beserta jurusannya, pengujian metode pada penelitian ini dengan menggunakan Pemrograman Python. berdasarkan hasil dari tingkat akurasi
algoritma C4.5 dan Naive Bayes tingkat akurasi C4.5 lebih unggul dari Naive Bayes dengan tingkat akurasi sebesar 86,7% sedangkan Naive Bayes memiliki tingkat akurasi sebesar
76%

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Anam, C., & Santoso, H. B. (2018). Perbandingan Kinerja Algoritma C4.5 dan Naive Bayes untuk Klasifikasi Penerima Beasiswa. Energy - Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 8(1), 13–19.
[2] Fatmawati, K. R. & A. (2019). Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ). 8(1).
[3] Hikmatulloh, H., Wintana, D., & Susilawati, S. (2020). Sistem Pakar Analisa Kerusakan Sepeda Motor Matic Dengan Metode Dempster Shafer Dan Pemrograman Python. Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 7(1)
[4] Kadafi, A. R. (2018). Perbandingan Algoritma Klasifikasi Untuk Penjurusan Siswa SMA. Jurnal ELTIKOM, 2(2), 67–77. https://doi.org/10.31961/eltikom.v2i2.86
[5] Lukhayu Pritalia, G. (2018). Penerapan Algoritma C4.5 untuk Penentuan Ketersediaan Barang E-commerce. Indonesian Journal of Information
[6] Mardi, Y. (2017). Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5. Edik Informatika, 2(2), 213–219. https://doi.org/10.22202/ei.2016.v2i2.1465
[7] Monalisa, S. M., & Hadi, F. (2020). Algoritma C4.5 dalam Penentuan Jurusan Siswa Baru. Ultimatics : Jurnal Teknik Informatika, 12(2), 108–113. https://doi.org/10.31937/ti.v12i2.1838
[8] Putri, N. E., Nirwana, H., & Syahniar, S. (2019). Hubungan kondisi lingkungan
keluarga dengan hasil belajar siswa sekolah menengah atas. JPGI (Jurnal Penelitian
Guru Indonesia), 3(2), 98. https://doi.org/10.29210/02268jpgi0005
[9] Sibarani, A. J. P. (2020). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori
Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan
Sistem Informasi), 7(2), 262–276.
[10] Wanto, A., & Windarto, A. P. (2017). Analisis Prediksi Indeks Harga
Konsumen Berdasarkan Kelompok Kesehatan Dengan Menggunakan Metode
Backpropagation. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika Sinkron, 2(2), 37–43.
https://zenodo.org/record/1009223#.Wd7norlTbhQ
Published
2023-12-31
How to Cite
Yogi Hadinakris, Loneli Costaner, & Ahmad Zamsuri. (2023). Analisis Perbandingan Algoritma C4.5 Dan Naive Bayes Dalam Penentuan Penjurusan Siswa Sma Negeri 11 Pekanbaru. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 2(1), 164-170. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Semaster/article/view/18505
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>