IMPLEMENTASI SIMULASI ELEKTRONIKA DAN ARDUINO VIRTUAL DENGAN CIRCUIT TINKERCAD

  • Loneli Costaner Universitas Lancang Kuning
  • Guntoro Universitas Lancang Kuning
  • Lisnawita Universitas Lancang Kuning
  • Ahmad Zamsuri Universitas Lancang Kuning
  • Pandu Pratama Putra
Keywords: Ektrakurikuler, Ketrampilan, Circuit, Tinkercad

Abstract

Ekrakurikuler merupakan kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik Sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini disebut ekstrakurikuler dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri. Sekolah Smart Indonesia memiliki kegiatan ekrakurikuler berbasis saint teknologi yang dilaksanakan untuk menumbuhkan semangat dan kreatifitas belajar. Adapun kendala dalam mengimplementasikan kegaitan ekrakurikuler yang dilaksanakan berupa intruktur yang mampu memberikan berbagai pembaharuan kegiatan berbasi teknologi, agar menambah pengetahuan peserta didik. Hal lain yang juga hadapai oleh mitra, dimana peserta didik belum mengembangkan kegiatan ekrakurikuler berbasis saint teknologi. Dengan demikian solusi yang dapat diambil guna mengakomodir kendala tersebut dengan memberikan pelatihan circuits tinkercad dengan tahapan dan prosedur pelatihan yang intraktif dan fasilitas yang memadai, kemudian memberikan pelatihan teknologi berbasis simulasi tinkercad guna menumbuhkan semangat dan kreatifitas peserta didik. Adapun metode yang digunakan untuk meningkatkan semangat dan kreatifitas peserta didik yaitu dengan menyiapkan tempat pelatihan, sarana modul, komputer dan smartphone android, diawali dengan ceramah dan kemudian praktek  kepada peserta. Harapanya dengan pelatihan ini peserta didik akan mendapatkan mengalaman baru dan pengembangan diri untuk melanjutkan pendidikan yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candra, D. A., & Fathurrohman, V. G. (2020). Perancangan simulasi lampu otomatis dengan Sensor tmp36, ldr dan ultrasonik menggunakan tinkercad.

Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057

Karima, M. K., & Ramadhani. (2017). Peran Pendidikan Dalam Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Yang Bermartabat. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 1–21.

Pratama, R. A., & Permana, I. (2021). Simulasi Permodelan Menggunakan Sensor Suhu Berbasis Arduino. Edu Elektrika Jurnal, 10(1), 7–12.

Supriadi, H. (2016). Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 92–119.

Published
2022-06-20
How to Cite
Loneli Costaner, Guntoro, Lisnawita, Ahmad Zamsuri, & Pandu Pratama Putra. (2022). IMPLEMENTASI SIMULASI ELEKTRONIKA DAN ARDUINO VIRTUAL DENGAN CIRCUIT TINKERCAD. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 109-116. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i2.9139
Abstract viewed = 150 times
PDF downloaded = 78 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>