SOSIALISASI e-ARSIP SEBAGAI PENGOLAHAN DATA DINAS LUAR PADA KANTOR KESEHATAN PELABUHAN PEKANBARU

e-Arsip Pada kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru

  • Bayu Febriadi Universitas Lancang Kuning
  • Pandu Pratama Putra Universitas Lancang Kuning
Keywords: e-Arsip, RDBMS, Kantor Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru

Abstract

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru merupakan Kantor pemerintahan yang bergerak di bidang kesehatan khususnya mengenai lingkungan. Dalam kegiatan dinas luar seperti surveilans kesehatan kapal, surveilans kesehatan masyarakat, bimbingan teknis, pengawasan dokumen kesehatan, surveilans faktor penyakit tidak menular pada kantor cabang kesehatan pelabuhan di provinsi riau seperti Kantor Selat Panjang, Kantor Tanjung Buton, Kantor Siak Sri Indrapura, Kantor Buatan, Kantor Sei. Duku, Kantor Kampung Dalam, kantor KKP Bangkinang dan Kantor Kuantan Singingi. Adapun pengolahan data masih belum teritegrasi dengan baik sehingga susah dalam melakukan pendataan dokumen dan informasi dari hasil kegiatan dinas luar, sementara pengadaan komputer dan sumber daya ada. Dan kegiatan ini selalu dilakukan tiap kegiatan sehingga diperlukan sebuah sistem yang dapat mengontrol data-data kegiatan dan dokumen yang dibutuhkan dalam pembuatan laporan kegiatan. Hal inilah yang menjadi ketertarikan penulis untuk membantu permasalahan yang dihadapi karyawan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru supaya lebih efisien dalam menjalankan kegiatan. Relational Database management System (RDBMS) adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Dengan memanfaatkan teknologi informasi RDBMS sehingga aplikasi berbasis online dapat diakses kapan dan dimana saja dari tempat karyawan melakukan kegiatan dinas luar dapat langsung meng-input dan pengolahan data untuk penyajian informasi yang lebih cepat ke kantor pusat pelabuhan pekanbaru dan dengan pendekatan metode System development Life Cycle (SDLC) dalam penyelesaian masalah kegiatan dinas luar, sehingga diharapkan pengolahan data dapat terintegrasi dan lebih efisien dalam pendataan informasi, dengan demikian diharapkan dapat membantu pihak kantor dalam pengolahan data yang lebih efisien dan lebih aman khususnya dalam pengolahan data dinas luar pada kantor kesehatan pelabuhan pekanbaru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Crisna Adi Pranoto. (2020). Analisis Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Vital Digital (e-arsip) di PT. Pertamina (persero). Vol 13 (1). Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan.

Dhefi Nur N. S. (2017). Penerapan sistem kearsipan elektronik sebagai determinan terhadap produktivitas kerja pegawai. Vol. 2 No. 2. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.

Fajar Nyfantoro. (2019). Perkembangan Pengelolaan Arsip Elektronik di Indonesia: Tinjauan Pustaka Sistematis. Vol. 3 No. 1. 1-15. Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan

Febriadi, Bayu. 2017. “Efisiensi Sistem Informasi berbasis Online Dalam pengumpulan RPKPS mata Kuliah Untuk Pengembangan Kompeteensi Program Studi” Vol 8, No. 1, Digital Zone, “Jurnal teknologi Informasio dan Komunikasi”.

Florentina Esti Nilawati. (2019). Implementasi E-arsip Untuk Penyimpanan Dokumen Digital Pada PT BPD Jateng (Bank Jateng). Vol. 18 No. 4. 299-311. Tecno.COM.

G. Farell, H. K. Saputra and I. Novid, "Rancang bangun sistem informasi pengarsipan surat menyurat (studi kasus fakultas teknik unp),"Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, vol. 11, no. 2, pp. 55-62, 2018.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, Jakarta.

Nailut Thoyibah, Sri Winiarti. 2014. Aplikasi bantu nilai indeks kinerja dosen (Studi kasus Di Fakultas Teknologi Industri UAD, Vol. 2 No. 1, Jurnal Sarjana Teknik Informatika).

Nyimas Sriwihajriyah, 2012, Perancangan aplikasi E-Profile berbasis online sebagai sarana informasi dosen pada stmik pusri Palembang, Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 4, NO. 1, April 2012.

Nugroho, A., “Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP”, Andi, (2010).

Putranto, W. A. (2018). Pengelolaan Arsip Di Era Digital: Mempertimbangkan Kembali Sudut Pandang Pengguna. Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan, 1(1), 1.https://doi.org/10.22146/diplomatika.28253.

Robby Yuli Endra. (2017). E-arsip Berbasis Image Arcchives Management Process Model Untuk Meningkatkan Pengelolaan Arsip. ISSN. 2087-2062. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika.

Saraswati, E., “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pringkuku”, Indonesian Journal On Networking and Security – IJNS, (Volume 2 No 4 – Oktober 2013, ISSN:2302-5700)

Published
2022-01-04
How to Cite
Bayu Febriadi, & Pandu Pratama Putra. (2022). SOSIALISASI e-ARSIP SEBAGAI PENGOLAHAN DATA DINAS LUAR PADA KANTOR KESEHATAN PELABUHAN PEKANBARU: e-Arsip Pada kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(1), 84-91. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i1.8802
Abstract viewed = 64 times
PDF downloaded = 55 times