PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GURU DI SLB NEGERI PEMBINA MENGGUNAKAN APLIKASI VISME

  • Yogi Ersan Fadrial Universitas Lancang Kuning
  • Yogi Yunefri Universitas Lancang Kuning
  • Sutejo Universitas Lancang Kuning
  • Pandu Pratama Putra Universitas Lancang Kuning
Keywords: Web Visme, Media Pembelajaran, PowerPoint

Abstract

Perkembangan teknologi dirasa begitu cepat dewasa ini, baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak. Berbagai macam teknologi merupakan salah satu dampak perkembangan ini. Berbagai jenis aplikasi untuk mempermudah kerja manusia. Salah satu aplikasi tersebut adalah visme. Visme adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk keperluan desain grafis, seperti membuat poster, banner, pamflet, dan konten visual dan bahkan sering digunakan untuk membuat media pembelajaran. Untuk membuat media pembelajaran dengan desain grafis butuh keahlian khusus agar dapat menghasilkan media pembelajaran yang menarik. Hal ini menunjukan bahwa apabila aplikasi Visme dimanfaatkan secara positif dan benar akan memberikan daya tarik yang berbeda ketika menyampaikan materi pembelajaran. Namun masih banyak user yang tidak mengetahui aplikasi ini, Setelah diamati hampir keseluruhan para guru di SLB Negeri Pembina tidak mengetahui aplikasi ini, bahkan belum ada kita-kita signifikan yang menunjukan bahwa guru SLB Negeri Pembina sudah pernah menggunakan aplikasi ini sebagai media ajar ataupun media presentasi. Sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan Visme, agar SLB Negeri Pembina memahami bagaimana memanfaatkan aplikasi ini secara benar untuk berbagai kepentingan. Disamping itu guru diajarkan bagaimana agar tampilan media pembelajaran yang akan mereka buat semenarik mungkin. Agar terlihat berbeda dari slide presentasi yang biasanya dibuat dengan PowerPoint.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Dawolo, A., Zulafwan, & Saputra, H. T. (2018). Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science. STMIK Indonesia Padang, 7(1), 92–100.

Efendi, Y., Rio, U., Syaifullah, M., & Imardi, S. (2020). J-PEMAS STMIK Amik Riau Pelatihan Multimedia Learning Dalam Pembuatan Konten Media Kreatif. 1(1), 1–3.

Kurnia, R., & Kurnia, R. (2020). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No 1, Oktober 2020. 4(1), 32–41. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520

Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).

Rosanaya, S. L., & Fitrayati, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2258-2267.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53-60.

Martono, K. T., & Nurhayati, O. D. (2014). Implementation of android based mobile Learning application as a flexible learning Media. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), 11(3), 168.

Guspriadi, Y., & Suhaili, N. (2021). Pelaksanaan layanan informasi dengan metode blended learning dan presentation tools visme untuk meningkatkan pemahaman literasi digital peserta didik. Counseling and Humanities Review, 1(2), 44-51.

Paryono, T., Huda, B., Hananto, A., & Khaerudin, M. (2022). PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENUNJANG GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Abdimas: Sistem dan Teknologi Informasi, 2(2), 1-8.

Published
2023-07-06
How to Cite
Yogi Ersan Fadrial, Yogi Yunefri, Sutejo, & Pandu Pratama Putra. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GURU DI SLB NEGERI PEMBINA MENGGUNAKAN APLIKASI VISME. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(2), 142-147. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i2.13405
Abstract viewed = 88 times
PDF downloaded = 68 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>