PENGGUNAAN SPINNER.ID UNTUK HINDARI PLAGIASI KARYA ILMIAH
Abstract
Setiap tahun, kampus menghasilkan alumni yang secara ilmiah dipersiapkan untuk beroperasi di dunia nyata. Sebelum alumni lulus, mereka telah melalui proses yang begitu panjang, diman setiap mahasiswa telah menyelesaikan karya ilmiah terbaiknya. Tentu saja karya mahasiswa ini masih jauh dari ideal, dan perlu adanya perbaikan terutama dalam hal pendeteksian plagiarisme dalam karya ilmiah mahasiswa. Banyak mahasiswa yang masih tidak dapat menghindari plagiarisme dalam menulis karya ilmiah, sehingga perlu dikembangkan tips dan taktik agar mahasiswa dapat menurunkan tingkat plagiarisme seperti yang ditentukan oleh kurikulum saat ini. Metode yang digunakan yaitu dengan Ceramah dan Praktek dengan spinner.id dapat membantu dalam penyusunan karya ilmiah dengan menghindari plagiarisme. Pelatihan ini meningkatkan pengetahuan siswa sebesar 59 persen, dan siswa mampu mengutip dan memparafrasekan kalimat lebih efektif dari sebelumnya.
Downloads
References
Andayani, U., & Hasbana, A. (2019). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Plagiarism Checker (TURNITIN) di Perguruan Tinggi: Studi Kasus di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. AL-MAKTABAH, 18(1).
Darmalaksana, W., Suryana, Y., Studi, P., Hadits, T.,Pendidikan, J., &Islam, A. (n.d.). Korespondensi dalam publikasi ilmiah, 1–8.
Endang Sri Mujiwati,Erwin Putera Permana,Sutrisno Sahari, Novi Nitya Santi, Rian Damariswara,Bagus Amirul Mukmin, Farida Nurlaila Zunaidah,Kukuh Andri Aka, K. S. (2017). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk guru sekolah dasar pada anggota gugus 1 kecamatan ringinrejo. Abdinus, 1(1)
Febry Ichwan Butsi, A. N. (2017). Pelatihan tips dan trik submit artikel ilmiah di jurnal berbasis online. Amaliyah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 49–51.
Lisnawita, L., Van FC, L. L., & Musfawati, M. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa tingkat akhir. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(1), 7-12. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i1.5608
Mansyur, U., Sastra, F., & Indonesia, U. M. (2018). Korelasi minat baca dengan kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan bahasa indonesia. Jurnal Perspektif, 2(1), 1–8.
Nafri Yanti, Suhartono, & F. H. (2018). Keterampilan menulis akademik mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1–16.
Rahmiati. (2014). Analisis kendala internal mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. AL-Daulah, 3(2).
Sudirman AM., M.Demsi Dupri, H. P. (2017). Peningkatan keterampilan menulis artikel ilmiah bagi guru di sekolah muhammadiyah. Sinar Sang Surya 1(1), 14–24.
Wardani, K., & Azizah, D. M. (2018). Optimalisasi penulisan karya tulis ilmiah pada guru sd negeri jetis 2 yogyakarta. Abdimas Dewantara, 1(1), 77–86”