Pengenalan Computational Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving
Abstract
Fakultas ilmu pertanian Universitas Lancang Kuning adalah salah satu fakultas milik yayasan Raja ali haji yang didirikan pada tahun 1982. Perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, mendorong setiap fakultas harus bisa mengikuti perkembangan zaman. meskipun bergerak dibidang pertanian, maka mahasiswa sebagai generasi penerus harus mampu berdaya saing di era ekonomi digital ini dan tentunya juga harus bisa menyesuaikan perkembangan teknologi saat ini, karena jika tidak bisa beradaftasi dengan zaman sekarang, kemungkinan besar mahasiswa itu sendiri akan bisa ketertinggalan, baik dari segi penggunaan teknologi hingga berpikir secara komputasional. Pada saat ini kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah masih rendah, Pada pengabdian ini dilakukan dengan ceramah dan memberikan contoh kasus dengan penyelesaiannya. Pelatihan ini dapat membuka pola pikir mahasiswa dan membantu mahasiswa agar terbiasa berfikir secara logis, terstruktur dan kreatif. Serta mahasiswa bisa fokus pada kemampuan berpikir untuk mencari pemecahan masalah dan mencari alternative lain sehingga mendapatkan solusi terbaik. Hasil dari Pelatihan yang dilakukan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa sebesar 84,7%. Terlihat dari peserta yang mampu menyelesaikan beberapa contoh kasus yang diberikan dengan baik.
Downloads
References
Malik, s., prabawa, h. W., & rusnayati, h. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir komputasi siswa melalui multimedia interaktif berbasis model quantum teaching and learning (doctoral dissertation, universitas pendidikan indonesia).
Jamun, y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal pendidikan dan kebudayaan missio, 10(1), 48-52.
Munir, m. A. (2018). Strategi pendidikan islam dalam menghadapi globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi. El-hikmah: jurnal kajian dan penelitian pendidikan islam, 12(2), 122-139.
Syarifuddin, m., risa, d. F., & hanifah, a. I. (2019). Experiment computational thinking: upaya meningkatkan kualitas problem solving anak melalui permainan gorlids. E-jurnal mitra pendidikan, 3(6), 807-822.
Syarifuddin, m., & risa, d. F. (2019). Gorlids (algorithm for life kids): upaya meningkatkan pola computational thinking anak usia 4-6 tahun secara problem solving, terstruktur, kritis dan logis.
Sukamto, t. S., pertiwi, a., affandy, a., syukur, a., hafidhoh, n. U., & hidayat, e. Y. (2019). Pengenalan computational thinking sebagai metode problem solving kepada guru dan siswa sekolah di kota semarang. Abdimasku: jurnal pengabdian masyarakat, 2(2), 99-107.
Nurmuslimah, h. (2020, february). Peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika menggunakan pendekatan soal berbasis kebudayaan islam dan computational thinking. In prosiding si manis (seminar nasional integrasi matematika dan nilai-nilai islami) (vol. 3, no. 1, pp. 078-084).