PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI DENGAN CANVA SMARTPHONE PADA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
Abstract
Pelatihan ini mengangkat permasalahan dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), di mana penggunaan media promosi seperti banner, spanduk, dan materi cetak sangat diperlukan untuk mendokumentasikan kegiatan sekolah. Tantangannya adalah sebagian anggota OSIS kurang memiliki kemampuan desain yang memadai, mengakibatkan kesulitan dalam merancang percetakan yang sesuai. Inisiatif penelitian ini bertujuan memberikan pelatihan desain berbasis smartphone kepada anggota OSIS agar mereka mampu menciptakan media promosi sendiri. Pelatihan ini menggunakan aplikasi Canva Smartphone, memungkinkan siswa merancang dengan mudah tanpa perlu laptop atau komputer. Canva Smartphone memainkan peran krusial dalam mengasah keterampilan kreatif siswa, menghemat biaya cetak, dan memberikan kemudahan akses. Dengan fitur-template beragam, aplikasi ini mendukung siswa dalam menciptakan desain-promosi yang menarik, meningkatkan eksposur kegiatan sekolah. Pelatihan ini melibatkan beberapa tahapan, termasuk pretest, pemaparan materi, praktek Canva, dan posttest. Diharapkan pelatihan ini memberikan manfaat signifikan, meningkatkan kualitas kegiatan OSIS, dan memberikan dukungan pada semangat siswa dalam organisasi siswa serta menciptakan desain yang bermanfaat untuk sekolah.
Downloads
References
Farida, N., Rahmawati, D., Vahlia, I., & Sudarman, S. W. (2023). Sosialisasi dan pemanfaatan aplikasi Canva dalam pembuatan desain promosi usaha di Pasar Kreatif Rejomulyo Tangguh (PaK RT). Ruang Pengabdian, 3(1), 1–11.
Irfan, P., Negara, H. R. P., Fatimatuzzahra, Alhidayat, M., & Watoni, K. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai sarana media promosi makanan khas Lombok. Jurnal Mengabdi Dari Hati, 1(1). Retrieved from https://journal.mudaberkarya.id/index.php/JMH/arti
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan desain menggunakan aplikasi Canva. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434
Kadiasti, R., Yanuarsari, D. H., & Basori, M. H. (2023). Peningkatan kompetensi guru dalam pembuatan media promosi sekolah bagi TK Doa Ibu Semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 234. https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.832
Karlitasari, L., Putra, G. R., Qur'ania, A., Anggraeni, I., Suriansyah, M. I., Situmorang, B. H., Ismangil, A., Akhmad, D. M., Andriani, S., Mulyati, M., & Erniyati, E. (2023). Pengenalan Canva sebagai media promosi lingkungan hidup di SMP-IT Bina Masyarakat Mandiri. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(3), 109–114. https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i3.194
Lazuarni, S., Hendarmin, R. R., & Wulandari, T. (2022). Pelatihan desain grafis untuk bisnis di zaman serba digital dan visual kepada mahasiswa Kota Palembang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 524. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7909
Nurhayaty, E., Pramularso, E. Y., Marginingsih, R., & Susilowati, I. H. (2022). Pelatihan membuat media promosi sederhana dengan aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 69–77. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10522
Poerna Wardhanie, A., Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan aplikasi Canva untuk desain grafis dan promosi produk pada sekolah Islami berbasis kewirausahaan. Society: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170
Putra, G. R., Qur'ania, A., Yanti, Y., Citra, P., Hidayatullah, S., Hermawan, H., Sugara, V. I., Saepulrohman, A., Putra, A. P., Subandi, K., Aryani, A. S., & Sriyasa, I. W. (2023). Desain Canva sebagai media promosi usaha mikro dan media informasi di Desa Bantarsari. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(3), 148–155. https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i3.210
Riyantoko, P. A., Fahrudin, T. M., Sa'diyah, I., Varqa Ansori, N. A., Atnanda, P. A., & Alamsyah, R. B. (2022). Pemanfataan aplikasi Canva sebagai media pemasaran di Kampung Kue Surabaya. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 198–203. https://doi.org/10.32722/mapnj.v5i1.4529
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi Canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Susanto, E. R., Rusliyawati, Sucipto, A., Wantoro, A., & Sulistiawati, A. (2023). PKM: Pelatihan desain grafis untuk OSIS menggunakan Canva. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(3), 168–173. Retrieved from https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEIT-CS/article/view/224
Yuniarti, P., Indriyani, F., Suharini, S., & Marthanti, A. S. (2022). Penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan desain promosi usaha pada Karang Taruna Desa Sukaharja. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 88–95. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v1i2.655
Zulhandayani, F., Rezeki, K. S., & Lubis, M. J. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai media penyampaian informasi bagi kepemimpinan sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 148–154. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7066
Zuraidah, E., Budi, E. S., Priyatna, A., Sanwani, Jabar, J. A., Rizki, D. M., Ubaidillah, I., Nugraha, D. S., & Margharet, V. (2022). Pemanfaatan grafis dan promosi produk aplikasi Canva untuk desain pada Kopwan Atsiri Citayam Bogor. Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi, 1(3), 52–56.