PELATIHAN LITERASI DIGITAL DAN DETEKSI INFORMASI PALSU DENGAN BANTUAN ARTIFICIAL INTELEGENCE (AI) DISEKOLAH

Authors

  • loneli costaner universitas lancang kuning
  • Lisnawita Universitas Lancang Kuning
  • Guntoro Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.31849/6bq6jc91

Keywords:

Literasi Digital, Deepfake, Cek Fakta, Hoaks, Konten Palsu

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat di era digital menjadi tantangan serius bagi generasi muda, terutama terkait masifnya penyebaran hoaks dan ancaman baru seperti deepfake. Permasalahan ini juga ditemukan di lingkungan SMKN 7 Pekanbaru, sebuah sekolah kejuruan berbasis teknologi, di mana para siswanya menunjukkan tingkat literasi digital yang rendah. Observasi awal mengidentifikasi minimnya pemahaman siswa terhadap teknologi deepfake serta rendahnya keterampilan dalam menggunakan alat verifikasi informasi yang kredibel. Menjawab tantangan tersebut, dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan teknis dengan dua fokus utama. Pertama, melatih siswa untuk mengenali dan menganalisis konten deepfake. Kedua, memberikan keterampilan praktis dalam menggunakan Google Fact Check Explorer untuk memeriksa kebenaran berita. Metode pelatihan dilakukan secara langsung di laboratorium komputer untuk memastikan penguasaan keterampilan. Hasilnya, kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa terhadap manipulasi digital, serta membekali mereka dengan kemampuan verifikasi informasi secara mandiri. Pelatihan ini secara efektif berkontribusi pada penguatan kompetensi literasi digital, membentuk siswa menjadi pengguna teknologi yang lebih kritis, cerdas, dan bertanggung jawab

References

Beta, A. R., Syobah, S. N., Tahir, M., Syahab, A., & Amin, A. (2022). Literasi Digital pada Remaja dalam Upaya Menangkal Informasi Hoax Jelang Pemilu 2024. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(6), 17–22. https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i6.388

Corputty, P., & Salamor, A. M. (2022). Penyuluhan Hukum Bagi Remaja Gpm Eden Tentang Penyebaran Hoax Melalui Media Sosial. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1816–1819. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8645

Darmawan, M. T., Junaidi, A., & Khaerudin, A. (2025). Penegakan Hukum Terhadap Penyalahgunaan Deepfake Pada Pornografi Anak Di Era Artifical Intelegence di Indonesia. Serambi Hukum, 18(01), 42–54.

Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Journal of Education, 19(1), 105–119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.

Meilinda, V. (2023). Edukasi Penggunaan Media Sosial Untuk Mengantisipasi Berita Palsu (Hoax) Di Daerah Kuningan, Jawa Barat. ADIMAS, 2(c), 154–159.

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Nisrina, N., & Rahmiaty, R. (2023). Pendampingan Siswa Dalam Menerima Berita Hoax Melalui Critikal Thinking. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 114–118.

Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., & Fithri, N. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958

Pratiwi, Y. R., Fitri, A., & Ruqayah, R. (2024). Literasi Digital Sebagai Langkah Menghindari Hoaks Bagi Remaja. MEDIAM, 1–5.

Respati, A. A., Dewi Setyarini, A., Parlagutan, D., Rafli, M., Mahendra, R. S., & Nugroho, A. A. (2024). Media Hukum Indonesia (MHI) Analisis Hukum Terhadap Pencegahan Kasus Deepfake Serta Perlindungan Hukum Terhadap Korban. Media Hukum Indonesia, 2(2), 586. https://doi.org/10.5281/zenodo.12508126

Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176–180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.123

Simorangkir, Y. N., Chidir, G., Haryanto, B., Putra, F., Pramono, T., Hutagalung, D., & Asbari, M. (2024). Meningkatkan Literasi Digital Guru melalui Workshop Menulis Artikel dan Publikasi di Jurnal Ilmiah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 30–34.

Siregar, D., Adlina, M., Sabila, P. C., Sitepu, K., & Halawa, A. A. (2024).

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

PELATIHAN LITERASI DIGITAL DAN DETEKSI INFORMASI PALSU DENGAN BANTUAN ARTIFICIAL INTELEGENCE (AI) DISEKOLAH. (2025). J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 5(2), 318-328. https://doi.org/10.31849/6bq6jc91

Most read articles by the same author(s)