PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR

  • Lisnawita Lisnawita Universitas Lancang Kuning
  • Lucky Lhaura Van FC Universitas Lancang Kuning
  • Musfawati Musfawati Universitas Lancang Kuning
Keywords: Artikel, ilmiah, Mahasiswa, Scientific

Abstract

Fakultas Ilmu Komputer–Universitas Lancang kuning berdiri tahun 2006, dengan dua prodi yaitu prodi teknik informatika dan sistem informasi dengan Nomor SK pendirian PS : 2875/D/T2006, Visi dari fakultas ilmu komputer yaitu: “Menjadi fakultas ilmu komputer unggul diwilayah sumatera berlandaskan nilainilai budaya melayu pada tahun 2025”, dan salah satu tujuannya yaitu: Menghasilkan karya-karya ilmiah dibidang komputer yang bermutu dan dapat dipublikasikan pada jurnal-jurnal dan seminar-seminar ilmiah. pada pengabdian ini dilakukan dengan demonstrasi. Pelatihan ini dapat membantu mahasiswa meningkatkan pemahaman dalam menulis artikel ilmiah serta Memberikan pemahaman kepada mahasiwa dalam memilih target jurnal yang akan dituju, sehingga saat membuat artikel bisa menyesuaikan selingkung dari jurnal yang dituju. Metode yang dilakukan dengan ceramah dan sesi tanya jawab serta pratek register dan submit artikel. Hasil Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta sebesar 62,24%.  

Abstract:
Faculty of Computer Science-Lancang Kuning University was founded in 2006, with two study
programs, namely the informatics engineering and information systems study program with
the PS establishment SK Number: 2875 / D / T2006, The vision of the computer science
faculty is: "To become a superior faculty of computer science in the region of Sumatra based
on the values of Malay culture by 2025", and one of its objectives, namely: Producing quality
scientific works in the field of computers and can be published in scientific journals and
seminars. at this dedication carried out by demonstration. This training can help students
improve their understanding in writing scientific articles and Provide understanding to
students in choosing the target journal to be aimed at, so that when making articles they can
adjust the environment of the intended journal. The method is done by lecturing and question
and answer sessions as well as practice registering and submitting articles. Results The
training activities were carried out in accordance with the objectives to be achieved, namely
increasing the knowledge and abilities of participants by 62.24%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmalaksana, W., Suryana, Y., Studi, P., Hadits, T., Pendidikan, J., & Islam, A. (n.d.). Korespondensi dalam publikasi ilmiah, 1–8.

Endang Sri Mujiwati,Erwin Putera Permana,Sutrisno Sahari, Novi Nitya Santi, Rian Damariswara,Bagus Amirul Mukmin, Farida Nurlaila Zunaidah, Kukuh Andri Aka, K. S. (2017). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk guru sekolah dasar pada anggota gugus 1 kecamatan ringinrejo. Abdinus, 1(1).

Febry Ichwan Butsi, A. N. (2017). Pelatihan tips dan trik submit artikel ilmiah di jurnal

berbasis online. Amaliyah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 49–51.

Lisnawita, L., Lucky Lhaura Van FC, & Musfawati. (2020). Pelatihan Desain Grafis Untuk

Meningkatkan Kreatifitas Siswa . Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat, 4(2), 231-235

Mansyur, U., Sastra, F., & Indonesia, U. M. (2018). Korelasi minat baca dengan

kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan bahasa indonesia.

Jurnal Perspektif, 2(1), 1–8.

Nafri Yanti, Suhartono, & F. H. (2018). Keterampilan menulis akademik mahasiswa S-1

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Silampari Bisa: Jurnal

Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1–16.

Rahmiati. (2014). Analisis kendala internal mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. AL-

Daulah, 3(2).

Sudirman AM., M.Demsi Dupri, H. P. (2017). Peningkatan keterampilan menulis artikel

ilmiah bagi guru di sekolah muhammadiyah. Sinar Sang Surya, 1(1), 14– 24.

Wardani, K., & Azizah, D. M. (2018). Optimalisasi penulisan karya tulis ilmiah pada guru

sd negeri jetis 2 yogyakarta. Abdimas Dewantara, 1(1), 77–86

Published
2021-01-17
How to Cite
Lisnawita, L., Van FC, L. L., & Musfawati, M. (2021). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(1), 7-12. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i1.5608
Abstract viewed = 397 times
PDF downloaded = 296 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>