PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 BENGKALIS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

  • Syahtriatna Djusar Universitas Lancang Kuning
  • Elvira Asril Universitas Lancang Kuning
  • Ahmad Zamsuri Universitas Lancang Kuning
  • Febrizal Alfarasy Syam Universitas Lancang Kuning
Keywords: KOSP, P5, Kurikulum Merdeka, Kompetensi

Abstract

Kurikulum Merdeka bertujuan agar siswa dapat aktif dalam pembelajaran, siap menghadapi perubahan, dan terlibat dalam pengembangan masyarakat secara keseluruhan. Dalam rangka mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka, tujuan utama pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kompetensi para guru mata pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Bengkalis dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Fokus utama pelatihan adalah memperdalam pemahaman, keterampilan dan sikap guru terhadap Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Pembelajaran dan Asesmen, serta pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Metode pelaksanaan kegiatan dalam bentuk workshop. Rencana pelaksanaan dimulai dengan: identifikasi kebutuhan guru;  penyusunan materi pelatihan yang relevan dan aplikatif; implementasi workshop dan sesi praktis secara bertahap dengan pendekatan praktik; evaluasi: pengukuran peningkatan pemahaman guru terkait materi, sebelum dan sesudah pelatihan.  Hasil kuisioner awal terhadap 25 orang guru sebagai peserta, didapatkan rata-rata hasil penilaian pemahaman dan pengetahuan awal adalah sebesar 24.48 /30, artinya dari 30 pertanyaan, maka yang betul hanya sekitar 25 jawaban dan masih ada sekitar 5 jawaban pertanyaan yang salah. Setelah dilakukan refleksi dan evaluasi, dengam melakukan kuisioner akhir dengan pertanyaan yang sama, dan dengan mengamati dan menilai produk yang dihasilkan peserta di akhir kegiatan, maka dapat disimpulkan bahwa telah terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta terkait dengan KOSP, Pembelajaran dan Asesmen, P5, dengan hasil kusioner akhir sebesar 29/30, artinya dari 30 pertanyaan, rata-rata hanya 1 pertanyaan yang masih belum tepat dijawab oleh setiap peserta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Abdul. 2022. “satire dalam rubrik kumparan, pandemi semakin menunjukkan potret kesenjangan pendidikan indonesia, edisi 11 juli 2021.” Medan makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan 20(1): 37–46.

Budiarto, Gema. 2020. “Indonesia Dalam Pusaran Globalisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral Dan Karakter.” Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo 13(1): 50–56.

Darwanto, D, Anggi Monica Putri, and others. 2021. “Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah:(Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital Dan Disrupsi).” Eksponen 11(2): 25–35.

Dhawan, Shivangi. 2020. “Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis.” Journal of Educational Technology Systems 49(1): 5–22.

Djusar, Syahtriatna, Elvira Asril, Keumala Anggraini, and others. 2023. “Pemanfaatan Akun Belajar. Id Bagi Guru SMPN Binaan Khusus Kota Dumai.” Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat 7(1): 111–16.

Fitri, Siti Fadia Nurul. 2021. “Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1): 1617–20.

Kemdikbudristek. 2022. Permendikbudristek Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220215_093900_Salinan Kepmendikbudristek No.56 ttg Pedoman Penerapan Kurikulum.pdf. 2023. “Platform Merdeka Mengajar.”

https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6090880411673-Apa-Itu-Platform-Merdeka-Mengajar- (November 11, 2023).

Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, and Netty Heriwati Henrika. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar.” Prosiding Pendidikan Dasar 1(1): 80–86.

Novita, Shally et al. 2022. “persepsi siswa terhadap proses pembelajaran selama pandemi: laporan deskriptif tentang kesenjangan pendidikan.” Journal of Psychological Science and Profession 6(2): 109–17.

Rahayu, Restu et al. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(4): 6313–19.

Sawada, Yasuyuki, Minhaj Mahmud, Mai Seki, and Hikaru Kawarazaki. 2022. “Fighting the Learning Crisis in Developing Countries: A Randomized Experiment of Self-Learning at the Right Level.” Available at SSRN 3471021.

Sudira, Putu. 2018. “Metodologi Pembelajaran Vokasional Abad XXI: Inovasi, Teori Dan Praktis.” Yogyakarta: UNY PressUndang-undang (3).

Sumarsih, Ineu et al. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(5): 8248–58.

Suryana, S. 2020. “Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan.” Edukasi 14(1).

Published
2024-01-18
How to Cite
Syahtriatna Djusar, Elvira Asril, Ahmad Zamsuri, & Febrizal Alfarasy Syam. (2024). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 BENGKALIS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 4(1), 92-101. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v4i1.18575
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 4 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>