PELATIHAN SITASI JURNAL UNTUK KARYA TULIS ILMIAH GURU SMA NEGERI 6 PEKANBARU
Abstract
Kesulitan dalam melakukan sitasi dalam suatu karya tulis ilmiah (KTI) terjadi karena masih sedikitnya guru yang memahami dan mengenal cara melakukan sitasi dan tidak tahu alat bantu dalam sitasi tersebut, padahal mereka memiliki stok KTI. Sitasi adalah proses mengacu atau mengutip sumber informasi yang digunakan dalam sebuah karya tulis, seperti makalah, tugas, atau artikel. Tujuan sitasi adalah untuk memberikan penghargaan kepada penulis asli atau sumber informasi yang digunakan, serta memperkuat argumen atau pendapat yang disampaikan dalam karya tulis tersebut. Selain memberikan penghargaan kepada penulis asli, sitasi juga membantu pembaca untuk melacak sumber informasi yang digunakan dan memeriksa kebenarannya. Hal ini mendukung transparansi dan integritas dalam penulisan ilmiah serta mencegah plagiat. Dalam dunia akademik, sitasi juga dapat digunakan untuk mengukur pengaruh dan keberhasilan penelitian atau karya tulis tertentu. Jumlah sitasi yang diterima oleh suatu karya dapat digunakan sebagai indikator popularitas dan pengakuan dari komunitas ilmiah.
Downloads
References
Ermiana, I., Affandi, L. H., & Kusuma, A. S. H. M. (2019). Workshop Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Lesson Study (LS) Di SD Negeri 15 Cakranegara. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Iksan, M., Alzarliani, W. O., & Lawelai, H. (2022). Menggunakan Software Mendeley Untuk. 1, 7–12.
Mardin, H., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa Style Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas, 1(3), 137–143. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.37
Maryatun, M. (2020). Efektivitas Kegiatan Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 145. https://doi.org/10.14421/fhrs.2020.152.145-166
Muhalisiah, M., Darmiyanti, A., & Muna’fiah, N. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Pendidikan Anak Usia Dini di RA Al-Hidayah. As-Sabiqun, 5(1), 110–123. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i1.2700
Mutiani, M., Susanto, H., Putra, M. A. H., Akmal, H., & Jumariani, J. (2020). Improvement of Scientific Attitudes Through Training of Social Science Scientific Writing in MAN 2 Model Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 128. https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.2230
Ngibad, K. (2020). Pelatihan Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Fikes Umaha Di Masa Pandemi Covid-19. JPPNu (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara), 2(1), 110–116. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Sitasi Karya Ilmiah Menggunakan Aplikasi Mendeley. 1(1), 24–30.
Rahyasih, Y., Hartini, N., & Syarifah, L. S. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 136–144. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24565
Somantri, O., Pratiwi, A. F., & Ikhtiagung, G. N. (2020). Workshop Pelatihan Manajemen Referensi dan Sitasi Untuk Karya Ilmiah Menggunakan Mendeley. JAMAIKA : Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 23–31.
Subekti, H., Herawati Susilo, I., Suwono, H., Martadi, & Purnomo, A. R. (2019). Challenges and expectations towards information literacy skills: Voices from teachers’ training of scientific writing. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(7), 99–114. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.7.7
Sujarwati, I., Azwandi, A., & Syafryadin, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Pengelolaan Sitasi dan Referensi Karya Ilmiah. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v2i1.18303
Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., & Wardiningsih, R. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3, 21–33. https://doi.org/10.1145/2505515.2507827.1
Wilyanti, L. S., Wulandari, S., Indonesia, P. S., Jambi, U., Pendidikan, P., Anak, I., Dini, U., & Jambi, U. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley untuk Sitasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi Nasional. 4(1), 55–64. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.2347
Yusro, A. C., & Purwandari, P. (2021). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah dari Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru SD. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 18, 133–138. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/AL-R/article/view/3192