PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS LANCANG KUNING

  • Fuadi Ishaf Maulana Universitas Lancang Kuning
  • Yuhelmi Universitas Lancang Kuning
  • Afriansyah Universitas Lancang Kuning
Keywords: Pengembangan, Sistem Informasi, Inventaris, Fakultas

Abstract

Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang begitu pesat menciptakan arus globaliasi yang cukup kuat. Alhasil, penggunaan teknologi saat ini tentunya sangat dibutuhkan dalam membantu untuk meringankan kinerja manusia. Jika ditilik lebih lanjut, masih ada beberapa instansi atau lembaga yang belum menggunakan kecanggihan sistem tersebut dalam membantu pekerjaannya. Salah satunya ialah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning yang belum menerapkan sistem informasi dalam salah satu kinerja khususnya pada penginventarisasian barang-barang seperti halnya pendataan, peminjaman barang dan pelaporan inventaris. Maka dari itu, penulis menjadikannya sebagai objek dari penelitian penulis. Tujuan penelitian tersebut yakni membuat sebuah aplikasi inventaris berbasis web yang berdasar pada kebutuhan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning dalam memudahkan kinerja pendataan dan pelaporan bagi karyawan yang melakukan montoring barang inventaris, serta dosen dan mahasiswa yang melakukan peminjaman inventaris. Metode analisis yang digunakan oleh peneliti ialah menggunakan Model SDLC Waterfall. Sebagai hasil akhir dari penelitian tersebut ialah Aplikasi ini juga dapat menampilkan informasi terkait masa habis pakai suatu barang inventaris dan juga informasi asal barang. Aplikasi ini juga dapat memberikan rekapitulasi laporan ketersedian, kondisi serta peminjaman inventaris setiap periode.

Kata Kunci : Pengembangan, Sistem Informasi, Inventaris, Fakultas

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Andani, Indah Setia, dkk. 2016. “Analisa dan Perancangan Sistem Inormasi Inventaris Barang pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus”. Kudus. Fakultas Teknik. Universitas Muria Kudus.
[2] Annisa, R. N., Ugiarto, M., & Rosmasari. (2017). Sistem Inventaris Sarana dan Prasarana Di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman.
[3] Firman, A., Wowor, H. F., Najoan, X., Teknik, J., Fakultas, E., & Unsrat, T. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. 5(2).
[4] Hakim, Arif Frahmana, dkk. 2019 “Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang di Laboratorium Fakultas Teknik Uniska Kediri”. Kediri. Fakultas Teknik Elektro, Universitas Islam Kadiri Keidiri.
[5] Kristianto. 2016. “Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya”. Yogyakarta: Gava Media.
[6] Oktaviani, Novi, dkk. 2018. “Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web pada Smp Negeri 1 Buer. Sumbawa. Fakultas Teknik, Universitas Teknologi Sumbawa.
[7] Setiawan, Ridwan, dkk. 2017. “Pengembangan Aplikasi Pengolalaan Inventaris Barang Berbasis Web di Sekolah Tinggi Teknologi Garut”. Fakultas Teknik. Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
[8] Siregar, Victor Marudut Mulia. 2018. “Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang pada Sekolah Negeri 4 Pematangsiantar”. Sumatra Utara. Politeknik Bisnis Indonesia.
[9] Solichin, Achmad. 2016. “Pemprograman Web dengan Php dan MySql”. Yogyakarta: Angkasa.
[10] ______________. 2015. “Pemprograman Web Dinamis Menggunakan Php dan MySql”. Yogyakarta: Angkasa.
[11] Siregar, Victor Marudut Mulia. 2018. “Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang pada Sekolah Negeri 4 Pematangsiantar”. Sumatra Utara. Politeknik Bisnis Indonesia.
[12] Tristianto, Chrisantus. 2018. “Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Desa”. Jurnal Teknologi Informasi ESIT Vol. XII.
Published
2020-12-30
How to Cite
Fuadi Ishaf Maulana, Yuhelmi, & Afriansyah. (2020). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS LANCANG KUNING. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 1(1), 331-339. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Semaster/article/view/6189
Abstract viewed = 93 times
PDF downloaded = 389 times