PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB DI SMP NEGERI 10 PEKANBARU

  • Yuvi Darmayunata Universitas Lancang Kuning
  • Febrizal Alfarasy Syam Universitas Lancang Kuning
  • Lucky Lhaura Van FC Universitas Lancang Kuning
Keywords: E-learning, SMP Negeri 10 Pekanbaru, Pelatihan

Abstract

Proses belajar (learning) menggunakan media atau bantuan peralatan elektronik diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran, konsep tersebut dikenal dengan sebutan e-learning. Dengan e-learning diharapkan dapat memberikan solusi bagi guru-guru untuk melakukan pembelajaran secara jaringan atau dikenal dengan nama daring. Pembelajaran saat ini yang dilakukan oleh guru-guru SMP Negeri 10 Pekanbaru dilakukan menggunakan media sosial seperti whatsapp dan ada juga beberapa guru sudah menggunakan google meeting. Dengan banyaknya aplikasi dalam pembelajaran membuat siswa-siswa kebingungan dan kesulitan dan melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu peneliti memberikan solusi ke guru-guru SMP Negeri 10 Pekanbaru dengan mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi e-learning yang lebih mudah dalam penggunaannya dan dapat menghemat kuota internet siswa-siswa. Metode yang digunakan adalah observasi dan pelatihan sehingga aplikasi akan dapat dikembangkan lagi secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminoto, T. (2014). Penerapan media e-learning berbasis schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi usaha dan energi di kelas xi sma n 10 kota jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221167.

Susanti, E., & Sholeh, M. (2008). Rancang Bangun Aplikasi E-Learning. Jurnal Teknologi, 1(1), 53-57.

Sihotang, H. T. (2017). Pembuatan Aplikasi E-Learning Pada SMK Swasta Pariwisata Imelda. Jurnal Mantik Penusa, 1(2).

Suyanto, A. H. (2005). Mengenal E-learning. Universitas Gadjah Mada.[On-Line]. Tersedia: http: www. asep-hs. web. ugm. ac. id.

Somantri, O., Apriliani, D., Muhamad, A. W., & Nishom, M. (2019). Pembangunan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Di SMA NU Ma’Arif Jatinegara Tegal. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 189-194.

Zyainuri, Z., & Marpanaji, E. (2012). Penerapan e-learning moodle untuk pembelajran siswa yang melaksanakan prakerin. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).

Published
2021-09-13
How to Cite
Darmayunata, Y., Febrizal Alfarasy Syam, & Lucky Lhaura Van FC. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB DI SMP NEGERI 10 PEKANBARU. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(2), 73-78. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i2.7252
Abstract viewed = 48 times
PDF downloaded = 39 times