PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB DI SD IT IMAM ASY-SYAFI’I PEKANBARU

  • Febrizal Alfarasy Syam Universitas Lancang Kuning
  • Yuvi Darmayunata
  • Lucky Lhaura Van FC
Keywords: e-learning, SDIT Imam Asy-Syafi’i, pelatihan

Abstract

Pengabdian ini dilakukan di SD IT Asy-Syafi’i Pekanbaru, berupa pelatihan untuk guru-guru di lingkungan sekolah terhadap pengelolaan aplikasi e-Learning. Saat ini dalam proses pembelajaran siswa, SDIT Imam Asy-Syafi’i menggunakan sistem daring dengan tools media sosial seperti whatsapp sehingga menyulitkan guru-guru dalam penyampaian materi dan pengumpulan tugas karena guru-guru harus memeriksa satu per satu pesan yang masuk ke whatsapp nya. Pihak sekolah juga tidak menggunakan media video conference seperti zoom, dikarenakan akan memakan banyak kuota siswanya, dan jika kuota siswa habis saat video conference maka siswa akan ketinggalan pelajaran. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang dapat mengatasi hal tersebut yaitu sebuah aplikasi e-Learning berbasis web. Dimana, pada aplikasi e-learning berbasis web yang dibuat oleh tim pengabdian akan menyesuaikan kebutuhan SDIT Imam Asy-Syafi’i. Berdasarkan hasil kuesioner, pemahaman guru-guru terhadap penggunaan aplikasi e-learning sudah baik yaitu 85,7% menyatakan paham tentang pengelolaan aplikasi e-learning.


Abstract:

This service was carried out at SD IT Asy-Syafi'i Pekanbaru, in the form of
training for teachers in the school environment in managing e-Learning applications.
Currently in the student learning process, SDIT Imam Asy-Syafi'i uses an online system
with social media tools such as WhatsApp, making it difficult for teachers to deliver
material and collect assignments because teachers have to check one by one the
messages that go to their WhatsApp. The school also does not use video conferencing
media such as zoom, because it will consume a lot of student quota, and if the student
quota runs out during the video conference, students will miss lessons. Therefore we
need learning media that can overcome this, namely a web-based e-Learning application.
Where, the web-based e-learning application made by the community service team will
match the needs of SDIT Imam Asy-Syafi'i. Based on the results of the questionnaire, the
teachers' understanding of the use of e-learning applications was good, namely 85.7%
stated that they understood the management of e-learning applications.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminoto, T. (2014). Penerapan media e-learning berbasis schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi usaha dan energi di kelas xi sma n 10 kota jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221167.

Susanti, E., & Sholeh, M. (2008). Rancang Bangun Aplikasi E-Learning. Jurnal Teknologi, 1(1), 53-57.

Sihotang, H. T. (2017). Pembuatan Aplikasi E-Learning Pada SMK Swasta Pariwisata Imelda. Jurnal Mantik Penusa, 1(2).

Suyanto, A. H. (2005). Mengenal E-learning. Universitas Gadjah Mada.[On-Line]. Tersedia: http: www. asep-hs. web. ugm. ac. id.

Somantri, O., Apriliani, D., Muhamad, A. W., & Nishom, M. (2019). Pembangunan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Di SMA NU Ma’Arif Jatinegara Tegal. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 189-194.

Zyainuri, Z., & Marpanaji, E. (2012). Penerapan e-learning moodle untuk pembelajran siswa yang melaksanakan prakerin. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).

Published
2021-01-17
How to Cite
Syam, F. A., Yuvi Darmayunata, & Lucky Lhaura Van FC. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB DI SD IT IMAM ASY-SYAFI’I PEKANBARU. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(1), 13-17. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i1.5618
Abstract viewed = 150 times
PDF downloaded = 144 times

Most read articles by the same author(s)