PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE DATA STUDIO UNTUK VISUALISASI DATA DI SMK TEKNOLOGI RIAU

  • Febrizal Alfarasy Syam Universitas Lancang Kuning
  • Yuvi Darmayunata Universitas Lancang Kuning
  • Lucky Lhaura Van FC Universitas Lancang Kuning
Keywords: Google Data Studio, Visualisasi, Pelatihan

Abstract

Pengabdian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Riau, berupa pelatihan kepada guru dan staff terhadap pemanfaatan google data studio untuk menvisualisasikan data yang ada di SMK Teknologi Riau secara online. Saat ini data yang ada di SMK Teknologi masih tersimpan di perangkat komputer yang dimiliki oleh SMK Teknologi Riau , namun data tersebut belum dapat memberikan informasi kepada civitas akademika maupun masyarakat secara langsung. Jika civitas akademika  atau masyarakat  ingin mendapatkan informasi terkait data yang ada di SMK Teknologi Riau, maka harus melalui staff terlebih dahulu karena hak aksesnya yang terbatas. Data yang ada juga masih dalam bentuk data mentah dan bentuk tampilan datanya juga kurang menarik.  Oleh karena itu diperlukan suatu media yang dapat mengatasi hal tersebut. Pada pengabdian ini kami akan memberikan solusi dengan pemanfaatan google data studio untuk menvisualisasikan data agar lebih menarik sehingga dapat ditampilkan pada website SMK Teknologi Riau. Berdasarkan hasil kuesioner post test, pemahaman peserta terhadap aplikasi google data studio sudah baik yaitu 100% menyatakan paham tentang dasar penggunaan aplikasi. Berdasarkan pengamatan tim pengabdian, peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, K., Wahyudi, A., Srijani, I., Rokhmad, K., & Supriyanto, S. (2019). Pemanfaatan Googleform, Google Spreadsheet dan Google Data Studio (GOENDALA) Dalam Pengelolaan Pemeliharaan Alat Elektromedik di Instalasi Pemeliharaan Sarana RSUD dr. ISKAK Tulungagung. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Poltekkes Kemenkes Surabaya (Vol. 1, No. 1, pp. 136-140).

Ali, M., & Menap, M. (2021). Workshop Pengumpulan dan Visualisasi Data Online Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Puskesmas di Lombok Tengah. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(2), 279-289.

Altanny, P. (2021). Perancangan Dashboard Visualisasi dan Web Apps sebagai Input Data pada PT Pulau-Pulau Media (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

Fernando, D. (2018, November). Visualisasi Data Menggunakan Google Data Studio. In Prosiding Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi| SNARTISI (Vol. 1).

Purnadi, H. (2021). Pemanfaatan Google Spreadsheet Dan Google Data Studio Sebagai Dashboard Suhu Dan Kelembaban Di Laboratorium. Insan Metrologi PPSDK, 1(1), 28-33.

Saputri, T. A., Muharni, S., Perdana, A., & Sulistiyanto, S. (2021). Pemanfaatan Google Data Studio Untuk Visualisasi Data Bagi Kepala Gudang UD Salim Abadi. Ilmu Komputer untuk Masyarakat (ILKOMAS), 2(2).

Snipes, G. (2018). Google data studio. Journal of Librarianship and Scholarly Communication, 6(1).

Sugiarto, D., Mardianto, I., Najih, M., Adrian, D., & Pratama, D. A. (2021). Perancangan Dashboard untuk Visualisasi Harga dan Pasokan Beras di Pasar Induk Beras Cipinang. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 31(1), 12-19.

Published
2022-06-20
How to Cite
Syam, F. A., Yuvi Darmayunata, & Lucky Lhaura Van FC. (2022). PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE DATA STUDIO UNTUK VISUALISASI DATA DI SMK TEKNOLOGI RIAU. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 102-108. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i2.8882
Abstract viewed = 148 times
PDF downloaded = 106 times