Sistem Informasi Penggajian Berbasis Website meggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Crown Toko Benang Surabaya

  • Alfauji Achmat Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Tining Haryanti Universitas Muhammdiyah Surabaya
  • Ashr Hafiizh Tantri Universitas Muhammdiyah Surabaya
Keywords: Penggajian, Waterfall, XAMPP

Abstract

Gaji adalah pembayaran atas jasa-jasa yang dilakukan oleh karyawan yang dilakukan perusahaan setiap bulan menurut (Sujarweni,2015). Sistem informasi digunakan untuk pengolahan data dalam sebuah proses bisnis. Data-data yang diperlukan dalam sebuah proses bisnis dikelola dan diolah secara otomatis oleh sistem, agar dapat menjadi sebuah informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Dalam kedai muslim collection, sistem penggajiannya masih menggunakan manual yaitu menggunakan excel yang tidak disimpan kedalam database. Hal tersebut apabila dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan kesalahan dalam perhitungan gaji. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dimana metode waterfall merupakan sebuah model pengembangan aplikasi dan termasuk kedalam classic life cycle (siklus hidup klasik) yang mana menekankan pada fase yang berurutan dan sistematik. Model pengembangan ini dikolaborasikan dengan bahasa pemrograman XAMPP, Sublime text 3, dan UML dengan menggunakan use case diagram dan activity diagram. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi penggajian yang berbasis website sehingga dapat memudahkan dalam proses penggajian di sebuah lembaga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Afni , N., Pakpahan, R., & Jumarah, R. A. (2019, Desember). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DENGAN. JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, VII, 99-104.
[2] Ana, & Oktarina, D. (2021). Sistem Informasi Absensi dan Penggajian Menggunakan Sistem Terdistribusi . Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, III, 7-12,.
[3] Apriliah, W., Mahardika, P. E., & Hasan, A. (Desember 2021). Implementasi Model Waterfall dalam Pemecahan Masalah Penggajian Melalui Sistem Informasi Penggajian Karyawan pada Rumah Sakit Umum. Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika, I, 146-156
[4] Hendriyanto. (2021). SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN BERBASIS WEBSITE TERINTEGRASI E-MAIL PADA PT BAYU AJI YASA BRATA MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL.
[5] Kurniawan, H., Apriliah, W., Kurniawan, I., & Firmansyah, D. ( 2020, Januari ). PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PADA SMK BINA KARYA KARAWANG. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, XIV, 159-169.
[6] Moenir, A., & Yulianto, F. (2017, 09). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL PADA PT. SINAR METRINDO PERKASA (SIMETRI). JURNAL INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG, III, 127-137.
[7] Setiadi, M. R., Nugroho, R. A., & Abdussalaam, F. (2022 , September ). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN BERBASIS WEB DI KANTOR POS BANDUNG. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), VI, 639-650.
[8] Taufiq, R., Ummah, R. R., Nasrullah, I., & Permana, A. A. (2019, Desember ). Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Pegawai Berbasis Web di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kota Tangerang. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, IV,
119-124.
Published
2023-12-31
How to Cite
Alfauji Achmat, Tining Haryanti, & Ashr Hafiizh Tantri. (2023). Sistem Informasi Penggajian Berbasis Website meggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Crown Toko Benang Surabaya. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 2(1), 248-254. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Semaster/article/view/18561
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 4 times