Perancangan Sistem Manajemen Laboratorium Yang Terintegrasi Dengan RPS (Studi Kasus: Prodi Keperawatan Universitas Abdurrab)

  • Aini Widiawati Universitas Abdurrab
  • Liza Trisnawati Universitas Abdurrab
  • Diki Arisandi Universitas Abdurrab
Keywords: Manajemen Laboratorium, RPS, Aplikasi Berbasis Website, Peminjaman

Abstract

Pada era revolusi industri 4.0 merupakan era dimana teknologi sangat berperan penting dalam segala bidang Perkembangan teknologi informasi memerlukan dukungan sumber daya yang memadai. Pendidikan tinggi di Indonesia terus maju, dengan banyak perguruan tinggi membuka program studi baru. Dalam konteks ini, laboratorium menjadi tempat penting bagi mahasiswa untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang tertentu. Penelitian ini merancang sistem manajemen laboratorium yang terintegrasi dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di Prodi Keperawatan Universitas Abdurrab. Sistem ini mencakup peminjaman alat dan ruang laboratorium, penjadwalan praktikum, serta inventaris alat labor dan bahan habis pakai dengan integrasi RPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk memudahkan pengelolaan jadwal peminjaman alat laboratorium, pencatatan peminjaman, dan pengelolaan inventaris alat. Penggunaan aplikasi prototype berbasis website diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan laboratorium ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan laboratorium oleh mahasiswa keperawatan, dengan kemudahan akses informasi dan persyaratan laboratorium yang sesuai dengan RPS mereka, serta membantu dosen dalam menyusun RPS yang terintegrasi dengan manajemen laboratorium untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa. Pengujian menggunakan metode blackbox testing menunjukkan bahwa sistem telah berfungsi dengan baik dan efisien sesuai dengan kebutuhan pengguna. Integrasi sistem manajemen laboratorium dengan RPS ini memberikan manfaat besar dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan laboratorium secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] E. Nurelasari, "Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Menengah Pertama Berbasis Web," Komputika: Jurnal Sistem Komputer, vol. 9, no. 1, pp. 67-73, 2020.
[2] R. N. T. Kusyanti, "Analisis Standarisasi Laboratorium Fisika dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Tempel," Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 1, pp. 40-47, 2022.
[3] A. A. Aqham, E. Siswanto, dan D. Kurniawan, "Metode Enterprise Architecture Planning Dalam Sistem Informasi Pengelolaan Data Inventaris," Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 14, no. 1, pp. 201-208, 2023.
[4] J. Saraun, A. Sambul, dan A. Lumenta, "jm_informatika,+36034-77390-3-ED," Jurnal Teknik Informatika, vol. 17, no. 1, pp. 27-34, 2022.
[5] S. Hartati dan D. Arisandi, "Transformation Of Educational Organization Facing Industry 4.0 (Case Study Of Universitas Abdurrab)," in The 3rd International Seminar on Higher Education, 2018, pp. 207-211.
[6] S. Salamun dan D. Arisandi, "Sistem Monitoring Kinerja Dosen Pada Institusi Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus: Universitas Abdurrab)," Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 2, pp. 198-208, 2020.
[7] I. P. Sari dan D. Arisandi, "Sistem Informasi Manajemen Klinik Gigi Berbasis Client Server," Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 2, no. 1, pp. 176-185, 2017.
[8] M. Fauzan, M. Hitami, dan K. M. Yusuf, "Sains dan Islam: Integrasi Islam dalam Pembelajaran Sains tentang Reproduksi Manusia di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau," Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 477-484, 2022.
[9] K. Yuliana, Saryani, dan N. Azizah, "Perancangan Rekapitulasi Pengiriman Barang Berbasis Web," Jurnal Sisfotek Global, vol. 9, no. 1, pp. 118-123, 2019.
[10] T. Snadhika Jaya, "Pengujian Aplikasi Dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis," Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 03, no. 02, pp. 45-48, 2018.
[11] D. Lahay dan S. Sulaeman, "Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Tagihan Iuran Pemasangan Jaringan Pada PT. Molindo Media Persada Berbasis Android," Seminar Nasional Teknologi, Sains Dan Humaniora, Nov. 2019, pp. 44-49.
Published
2023-12-31
How to Cite
Aini Widiawati, Liza Trisnawati, & Diki Arisandi. (2023). Perancangan Sistem Manajemen Laboratorium Yang Terintegrasi Dengan RPS (Studi Kasus: Prodi Keperawatan Universitas Abdurrab). SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 2(1), 302-312. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Semaster/article/view/18629
Abstract viewed = 10 times
pdf downloaded = 4 times