ANALISA KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN YANG DIBERIKAN PRAMUNIAGA DI TOKO SUZUYA THE CENTRAL PASAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI)

  • Sakinah Hasibuan Universitas Lancang Kuning
  • Yuhelmi Yuhelmi Universitas Lancang Kuning
  • Guntoro Guntoro Universitas Lancang Kuning
Keywords: Analysis, customer satisfaction index, customer satisfaction

Abstract

Pendapatan Toko suzuya the central pada 3 bulan terakhir rata-rata menurun dari pendapatan sebelumnya. Upaya yang dapat dilakukan suzuya untuk meningkatkan pendapatan ialah dengan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Toko suzuya memerlukan sebuah analisa kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan pramuniaga dengan menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer serta jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 539 orang dan jumlah sampel yang akan diberikan kuesioner adalah 84 orang. Rata-rata perhitungan dari kuesioner tingkat kepuasan dan kepentingan dijumlahkan kemudian diimplementasikan rumus Customer Satisfaction Index (CSI), hasil dari perhitungan metode Customer Satisfaction Index (CSI) adalah 80.45% yang artinya member puas dengan pelayanan yang diberikan pramuniaga. Analisa kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan pramuniaga dengan menggunakan metode customer satisfaction index (CSI) adalah sebesar 80.45, nilai tersebut berada pada rentang 61.00%-80.99% yang artinya konsumen puas terhadap pelayanan yang diberikan pramuniaga Toko Suzuya The Central.

 

Kata Kunci: Analisa, customer satisfaction index, kepuasan pelanggan.

 

Abstract

Suzuya's central store revenue in the last 3 months on average has decreased from the previous income. The effort that Suzuya can do to increase revenue is by improving service to customers. Suzuya stores require an analysis of customer satisfaction with the services provided by salespeople using the Customer Satisfaction Index (CSI) method. The data used in this study are secondary data and primary data and the population in this study amounted to 539 people and the number of samples to be given the questionnaire was 84 people. The calculation of the average level of satisfaction and the importance of the questionnaire is added up and then the Customer Satisfaction Index (CSI) formula is implemented, the calculation result of the Customer Satisfaction Index (CSI) method is 80.45%, which means that members are satisfied with the services provided by the sales assistant. Analysis of customer satisfaction with the services provided by the sales assistant using the customer satisfaction index (CSI) method of 80.45, the value is in the range of 61.00% -80.99%, which means that consumers are satisfied with the services provided by the sale. assistant to Suzuya The Central Store.

 

Keywords: Analysis, customer satisfaction index, customer satisfaction

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ayuni, N. W. D., Adiaksa, I. M. A., & Sari, I. G. A. M. K. K. "Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Kopi Biji Salak." Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(2), 120–126, 2017.
[2] Chandra, T., & Novia, D. "Analysis Of Service Quality And Customer Satisfaction Using Customer Satisfaction Index (CSI) And Importance Performance Analysis (IPA) Method In “Jakarta” Optical Pekanbaru." Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 125–139, 2019.
[3] Devani, V., & Rizko, R. A. "Analisis Kepuasan Pelanggandengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Potential Gain In Customer Value (PGCV)." Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informas, 2(2), 24–29, 2016.
[4] Hannie, S.Kom., M."Analisis Kualitas Pelayanan Penjualan Online Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI)." Jurnal Gerbang, 8(1), 52–56, 2018.
[5] Lestari, S., & Pratama, S. A. "Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Di Pasar Sore Purijaya Tangerang Dengan Metode Swot." Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang, 7(2), 95–101, 2018.
[6] Mandasari, D., Mulyani, S., & Sadyasmara, C. A. B. "Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Dan Pelayanan Mangsi Grill And Coffee Denpasar." Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 7(3), 336–346, 2019.
[7] Pambudi, F. N., & Martini, E. "Analisis Service Recovery Layanan Indihome Triple Play Kota Bandung Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA)." Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 15(2), 119–126, 2017.
[8] Rochman, A., & Suparto. "Analisa Kepuasan Pelanggan Pada Minimarket Xyz Dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA)." Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, 7(1), 183–188, 2019.
[9] Savitri, A., Murtejo, T., & Rulhendri. "Kajian Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Transpakuan Bogor (Studi Kasus: Pelayanan Di Halte Dan Pelayanan Di Dalam Bus Transpakuan Bogor) Aris." Jurnal Rekaya Sipil, 6(2), 97–103, 2017.
[10] Umam, R. K., & Hariastuti, N. P. "Analisa Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA)." Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 6(1), 339–344, 2018.
[11] Widodo, S. M., & Sutopo, J. "Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer." Jurnal Informatika Upgris, 4(1), 38–45, 2018.
Published
2020-12-30
How to Cite
Hasibuan, S., Yuhelmi, Y., & Guntoro, G. (2020). ANALISA KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN YANG DIBERIKAN PRAMUNIAGA DI TOKO SUZUYA THE CENTRAL PASAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI). SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 1(1), 208-218. https://doi.org/10.31849/semaster.v1i1.6125
Abstract viewed = 502 times
PDF downloaded = 254 times

Most read articles by the same author(s)