Survei Chatbot Layanan Informasi Sekolah Metode Artificial Intelligence Markup Language (AIML)

  • Muhammad Hanif Muslim Muhammad Universitas lancang kuning
  • Guntoro Guntoro Universitas lancang kuning
Keywords: chatbot, Informasi, Artificial Intelligence Markup Language (AIML)

Abstract

Chatbot adalah system layanan informasi yang berfungsi untuk memberikan kebutuhan informasi pada system layanan service. Chatbot dapat merespon pertanyaan yang dilontarkan oleh user, dan juga dapat memberikan jawaban default saat pertanyaan dari user tidak sesuai dengan template pertanyaan yang tersedia seperti alamat sekolah, biaya pendaftaran, syarat pendaftaran dan lainnya. Chatbot atau chatterbot merupakan sebuah layanan obrolan robot atau tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI yang menirukan percakapan manusia melalui pesan suara, obrolan teks ataupun keduanya. Tujuan penelitian ini untuk memberikan siswa layanan informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada siswa maupun calon siswa agar memberikan kemudahan dalam berinteraksi langsungdengan bot di kolom chat tanpa harus datang menemui staff yang bersangkutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] I. Gunawan, H. A., "Perancangan Chatbot untuk Layanan Informasi Sekolah (Studi Kasus SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru)," Jurnal Sains dan Teknologi Informasi (SATIN), vol. 198, no. 207, 2022.
[2] M. Rizki, A. F., "Aplikasi Chatbot Sebagai Layanan Live Chat Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Word Stemming Dengan Regular Expression Pattern Matching," Jurnal Elektro & Informatika, 2023.
[3] M. R. Herfian, A. R., "Analisis Dan Perancangan Aplikasi Chatbot Dalam Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Perguruan Tinggi," Jurnal Informatika Terpadu, vol. 87, no. 93, 2021.
[4] Z. Z. Abidin, M. D., "Sistem Pengembangan Chatbot Whatsapp Untuk Monitoring Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Kejuruan," Jurnal Bulletin of Computer Sciene Research, vol. 319, no. 326, 2023.
[5] N. Hikmah, D. A., "Implementasi Chatbot Sebagai Virtual assistant di Universitas Panca Marga Probolinggo Menggunakan Metode TF-IDF," Jurnal Teknologi dan Multimedia, vol. 133, no. 148, 2022.
[6] Guntoro, L. C., "Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language (AIML)," Jurnal Teknologi Informas & Komuniasii, vol. 291, no. 300, 2020.
[7] K. A. Nugraha, D. S., "Chatbot Layanan Akademik Menggunakan K-Nearst Neighbor," Jurnal Sains dan Informatika, 2021.
[8] M. R. Suherlan, A. A., "Ummibot Sebagai Media Layanan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Sukabumi," Jurnal Informatika Terpadu, vol. 82, no. 91, 2023.
[9] R. Z. Ramadhani, H. R., "Rancang Bangun Aplikasi Pusat Informasi Sekolah Dengan Penerapan Chatbot Menggunakan AIML Berbasis Android Pada SMK Otomotif Al-Husna Tangerang," Jurnal Teknik Informatika (JIKA), vol. 27, no. 33, 2019.
[10] S. Marlyana, N., "Pengembangan Chatbot Informasi Administratif Asrama Al-Hikmah Dengan Metode Natural Language Processing," Journal of Informatian Engineering and Technology, 2023.
[11] H. Priambodo, A. M., "Perancangan Chatbot Pendaftaran Siswa Dengan Telegram BOT Design a Chatbot for Student Registration Using Telegram BOT," Journal of Information and Information Security, vol. 73, no. 88, 2022.
Published
2023-12-31
How to Cite
Muhammad, M. H. M., & Guntoro, G. (2023). Survei Chatbot Layanan Informasi Sekolah Metode Artificial Intelligence Markup Language (AIML). SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 2(1), 265-277. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Semaster/article/view/18582
Abstract viewed = 9 times
pdf downloaded = 3 times

Most read articles by the same author(s)