Pembekalan Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan tentang Strategi Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

  • renifarwitawati universitas lancang kuning https://orcid.org/0000-0003-0457-6667
  • Souvya Fithrie Universitas Lancang Kuning
  • Masirun Universitas Lancang Kuning
  • Ika Berty Apriliani Universitas Lancang Kuning
Keywords: Siswa SMK, Perguruan Tinggi, Jurusan Kuliah

Abstract

Vocational high school (SMK) students generally prefer to look for work after completing their studies. However, quite a several students wish to continue their studies at the university level. Those who wish to continue their studies at university often face a dilemma about choosing the right major and supporting the development of their competencies. Realizing this phenomenon, the service team from the Faculty of Economics and Business, Universitas Lancang Kuning took the initiative to provide training to this group of students. Specifically, provision was given to class XII students of the Vocational School of Perpajakan (Taxation) Riau, with 197 students. In implementing the training, the service team used the classical presentation method followed by a question and answer session. Based on a series of training agendas carried out, the service team found that the level of participant attendance exceeded the target. All 197 students participated in attending the agenda. This agenda also shows the increase knowledge of class XII students of the Vocational School of Perpajakan (Taxation) Riau regarding strategies for choosing the right major. This increase was obtained from a comparison of the questionnaire sheets given before and after the provision. From the activity, the service team concluded that students were enthusiastic about taking part in the training for choosing the right major for their future plan on continuing their education at the university level.

Abstrak

Siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) pada umumnya lebih memilih untuk mencari pekerjaan setelah menyelesaikan studinya. Namun tidak sedikit jumlah siswa yang berkeinginan untuk melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi. Mereka yang berkeinginan melanjutkan studi ke perguruan tinggi sering menghadapi dilema tentang memilih jurusan yang tepat dan mendukung pengembangan kompetensinya. Menyadari fenomena tersebut, tim pengabdian Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lancang Kuning berinisiatif untuk memberikan pembekalan kepada kelompok siswa tersebut. Secara spesifik, pembekalan diberikan kepada siswa kelas XII SMK Perpajakan Riau yang berjumlah 197 orang siswa. Dalam implementasi pembekalan, tim pengabdian menggunakan metode paparan klasikal yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Berdasarkan rangkaian agenda pembekalan yang dilakukan, tim pengabdian menemukan bahwa tingkat kehadiran peserta melampaui target. Seluruh siswa yang berjumlah 197 orang siswa berpartisipasi menghadiri agenda pembekalan tersebut. Agenda pembekalan ini juga menunjukkan tentang peningkatan pengetahuan siswa kelas XII SMK Perpajakan Riau tentang strategi memilih jurusan yang tepat. Peningkatan tersebut diperoleh dari perbandingan lembaran angket yang diberikan sebelum dan setelah pemberian pembekalan. Dari agenda kegiatan tersebut, tim pengabdian menyimpulkan bahwa siswa antusias mengikuti pembekalan untuk meningkatkan pengetahuan tentang strategi memilih jurusan yang tepat saat mereka memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-31
How to Cite
renifarwitawati, Fithrie, S., Masirun, & Apriliani, I. B. (2023). Pembekalan Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan tentang Strategi Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat . ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 241-250. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/abdimaslectura/article/view/13004
Abstract viewed = 19 times
pdf downloaded = 35 times