Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tanaman Hias Berbasis Online Sebagai Media Promosi Bagi Salman KS Flowers

  • Arman Arman Sistem Informasi STMIK Indonesia Padang
  • Elizamiharti Sistem Informasi STMIK Indonesia Padang
  • Muhammad Saf’an Sistem Informasi STMIK Indonesia Padang
Keywords: Sistem Informasi, Sarana, Penjualan Tamaman Hias, Online

Abstract

Abstrak

  1. Salman KS Flowers merupakan salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak dalam penjualan tanaman hias yang dapat memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam memacu pertumbuhan perekonomian di Sumatera barat khususnya kota Padang. Hal itu disebabkan karena semua UKM tersebut banyak menyerap tenaga kerja, sehingga dapat menurunkan tingkat penganguran. Akan tetapi UKM yang ada di kota Padang masih menghadapi banyak masalah antara lain masalah penjualan, pemasaran dan promosi selama ini masih belum menggunakan aplikasi. Berdasarkan masalah yang terjadi peneliti mencarikan sulusi  dengan merancang sebuah aplikasi penjulan tanaman hias berbasis online, aplikasi ini dapat membantu  CV. Salman KS. Flowers dalam penjulan dan pemasaran produk. Hasil dari penelitian ini merancang sebuah sistem informasi penjualan Tanaman hias  berbasis online sebagai media promosi. Aplikasi ini dirancang dapat digunakan oleh pelanggan salman KS Flowers secara baik dinilai dari 10 aspek. Setelah dilakukan pengujian melalui responden hasilnya menunjukan rata-rata Skor SUS sebesar 72 dengan Grade C. untuk pengujian beta diberikan oleh responen  sistem  ini dinilai dengan hasilnya layak dengan nilai rata-rata 72 dan Responden terdiri dari 30 orang pengguna yaitu pelanggan  salman KS Flowers. Hasil pengujian menunjukan 54 % pengguna menilai aplikasi ini cukup layak digunakan, 30 % menilai layak dan 16 % menilai aplikasi ini kurang layak.

 

Kata kunci : Sistem Informasi, Sarana, Penjualan Tamaman Hias, Online, UML

 

 

Abstract

               CV. Salman KS Flowers is one of the Small and Medium Enterprises (UKM) engaged in the sale of ornamental plants that can provide a very significant contribution in spurring economic growth in West Sumatra, especially the city of Padang. This is because all these SMEs absorb a lot of labor, which can reduce unemployment rates. However, SMEs in the city of Padang still face many problems, including sales, marketing and promotion issues, so far they are still not using the application. Based on the problems that occur, researchers find sulusi by designing an application for selling ornamental plants based online, this application can help CV. Salman KS. Flowers in sales and product marketing. The results of this study designed an online-based ornamental plant sales information system as a promotional medium. This application is designed to be used by customer salman KS Flowers is well assessed from 10 aspects. After testing through respondents the results showed an average score of SUS of 72 with Grade C. For beta testing given by response the system was assessed with the results feasible with an average value of 72 and the respondents consisted of 30 users, namely KS Flowers' customer. The test results showed 54% of users rated this application as quite feasible to use, 30% rated it feasible and 16% rated this application as inappropriate. Keywords : Information Systems, Facilities, Tamaman Ornamental Sales, Online, UML 

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. Strategis, T. Pengembangan, and Z. A. Hasibuan, “Langkah-Lanngkah Strategis dan Taknis Pengembangan E-Goverment Untu Pemda,” J. Sist. Inf. MTI UI Vol 3 – No. 1 – April 2007, vol. 3, no. 1, pp. 1–5, 2007.

S. Alliyah and R. Hidayat, “Peningkatan Kinerja UKM Dengan Mengimlementasikan Informasi Akuntansi Manajemen Yang Didukung Oleh Informasi Antar Unit,” Staff Pengajar STIE “YPPI” Rembang 100, vol. 9, no. 2, pp. 100–111, 2014.

A. Z. Adnan, “Penerapan Strategi Promosi Pada Pemasaran Produk CV. Syntax Corration Indonesia,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones. – ISSN 2541-0849 e-ISSN, vol. 3, no. 7, pp. 14–24, 2018.

N. Baladina, R. Anindita, and B. Setiawan, “Penguatan ketahanan pangan nasional melalui strategi perbaikan efisiensi pemasaran hasil pertanian,” SEPA, vol. 11, no. 1, pp. 55–65, 2014.

V. M. M. Siregar, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 9, pp. 15–21, 2018.

D. S. Adi and R. Pandalu, “Efektivitas Pelayanan Informasi Internal Kampus Melalui Pemanfaatan Media Interaktif Berbasis Artom ( Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa FISIP Universitas Merdeka Malang ), September, pp. 91–100, 2017.

A. R. N. Ajeng Jayanti Satyadewi, Hanny Hafiar, “Pemilihan Akun Media Sosial Instagram Oleh Holidy Inn Bandung,” J. MESSENGER, vol. 9, no. April, pp. 153–162, 2017.

L. M. Rini Asmara1, Imam Gunawan2, “Pengolahan Data Gaji Hoorer Dan Perjalanan Dinas Pegawai THL Berdasarkan Surat Perintah Tugas,” J. J – CLICK, vol. 5, no. 1, pp. 72–84, 2018.

V. Motumona, U. Lestari, E. Fatkhiyah, and P. T. Informatika, “Sistem Informasi Geografis Lokasi Perguruan Tinggi Di Daerah Istimewa Yogyakarta Berbasis Moblle Android Jurnal SCRIPT Vol . 4 No . 1 Desember 2016 ISSN : 2338-6313,” J. Scr., vol. 4, no. 1, pp. 72–78, 2016.

dan A. P. Fatkhul Amin, R. Soelistijadi, “Aplikasi E-Commerce Sentra Batik di Kota Semarang Sebagai Salah Satu Upaya Media Promosi dan Transaksi Secara Online,” J. Teknol. Inf. Din., vol. 17, no. 1, pp. 67–74, 2012.

R. A. R. Resty Wulanningrum1, Risa Helilintar2, “Penerapan Aplikasi E-Business Sebagai Salah Satu Usaha Peningkatan Penjualan Tanaman,” J. ABDINUS http//ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM, vol. 1, no. 1, pp. 69–74, 2017.

S. A. Pratiwi, I. M. Sukarsa, I. K. A. Purnawan, J. T. Informasi, F. Teknik, and U. Udayana, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pemesanan Bunga Berbasis Android,” MERPATI, vol. 2, no. 2, pp. 205–214, 2014.

R. S. Umi Salamah1), Wiharto2), “Pembangunan E-Commerce Untuk Usaha Mikro Kecil Dann Menengah ( Studi Kasus Sentra UMKM Dian Nurcery dan Mawar Indah , Tawangmangu ) JOGLO , Volume XXVII No . 2 – Pebruari 2015 JOGLO , Volume XXVII No . 2 – Pebruari 2015,” JOGLO, vol. XXVII, no. 2, pp. 285–289, 2015.

1)Wildy Y. P. Taroreh, “Sistem Informsi Penjualan Bunga Berbasi Web,” Bul. Sariputra, vol. 4, no. 3, pp. 259–264, 2014.

V. Herlianti and K. Karpen, “Aplikasi Pemasaran Otak-Otak Kering Menggunakan Strategi Marketing Mix Berbasis Android,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 9, no. 2, pp. 182–193, 2018.

M. A. M. Roni Kurniawan1, Jeffry Nur Rifa’i2, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penerbitan Surat di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang Cabang Timur,” Techno.COM, Vol. 17, No. 2, Mei 2018 145-157 ISSN, vol. 17, no. 2, pp. 145–157, 2018.

I. A. H. N, P. I. Santoso, and R. Ferdiana, “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale Website Usability Testing using System Usability Scale,” IPTEK-KOM, VOL.17 NO.1, vol. 17, no. 1, pp. 31–38, 2015.

U. Ependi and F. Panjaitan, “System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell. Vol. 3, No. 2, vol. 3, no. 2, 2018.

Published
2019-05-07
How to Cite
Arman, A., Elizamiharti, & Muhammad Saf’an. (2019). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tanaman Hias Berbasis Online Sebagai Media Promosi Bagi Salman KS Flowers . Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 64-76. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v10i1.2346
Abstract viewed = 3346 times
PDF downloaded = 1925 times