LINE Chatbot Informasi Cuaca Wilayah Indonesia
Abstract
Saat ini tingkat mobilisasi masyarakat dari suatu daerah ke daerah lain sangat tinggi, hal ini didukung oleh infrastruktur yang baik seperti jalan dan moda transportasi yang sudah baik. Pada waktu hari libur kerja ada tren yang berkembang di tengah masyarakat untuk memanfaatkannya pergi berwisata kedaerah lain, baik itu dalam provinsi maupun luar provinsi.Persiapan yang harus dilakukan sebelum keberangkatan disesuaikan dengan lama waktu bepergian, baik itu pakaian dan lain lain. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui situasi dan cuaca di daerah yang dituju dan daerah daerah yang akan dilewati selama perjalanan. Biasa kendala perjalanan bisa berupa banjir, angin ribut dan tanah longsor.Jika kita sudah mengetahui situasi cuaca di daerah yang akan dituju dan daerah daerah yang akan dilewati selama perjalanan, kita akan mudah memutuskan apakah jadi berangkat atau tidak, ataupun mempersiapkan diri untuk mengantisifasi keadaan yang akan terjadi.Penelitian ini memberikan kemudahan bagi pemakai untuk mengetahui cuaca suatu daerah hanya dengan membuka aplikasi chatbot yang digunakan diatas aplikasi sosmed LINE.
Downloads
References
P. . Samiaji Sarosa, SE, M.Info.Sys., Metodologi Pengembangan Sistem Informasi, 1st ed. Jakarta, 2017.
D. Suryani and E. L. Amalia, “Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML,” SMARTICS J., vol. 3, no. 2, pp. 47–54, 2017.
E. Nila and I. Afrianto, “Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Informasi Objek Wisata Kota Bandung Dengan Pendekatan Natural Language Processing,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 49–54, 2015.
J. Enterprise, Teknik Memasang Chatbot di Toko Online. Jakarta - Indonesia: Elex Media Komputindo, 2018.
E. Bahartyan, N. Bahtiar, and I. Waspada, “Integrasi Chatbot Berbasis Aiml Pada Website E-Commerce Sebagai Virtual Assistant Dalam Pencarian Dan Pemesanan Produk (Studi Kasus Toko Buku Online Edu4Indo.Com),” J. Masy. Inform., vol. 5, no. 10, pp. 34–43, 2016.
C. A. Boeky, E. Juvano, M. Reviano, M. E. Rahmat, and R. Subagja, “PENGARUH MEDIA SOSIAL LINE GROUP TERHADAP EFEK SOSIAL,” vol. 5, no. 1, pp. 55–65, 2019.
F. Diani, S. Si, M. T. H. Permana, P. S. N, J. Teknik, and P. N. Bandung, “Kajian Sistem Informasi Prakiraan Cuaca Bmkg Pada Bmkg Bandung,” vol. 2012, no. 66, pp. 15–16, 2012.
J. Nakula and I. N. Semarang, “Aplikasi informasi cuaca di lokasi pariwisata provinsi jawa tengah berbasis web mobile.”
P. G. Wipradnyana, I. M. A. Suyadnya, N. Made, A. Esta, and D. Wirastuti, “APLIKASI PRAKIRAAN CUACA WILAYAH BALI,” vol. 5, no. 2, pp. 11–18, 2018.
F. Azwary, F. Indriani, and D. T. Nugrahadi, “Question Answering System Berbasis Artificial Intelligence Markup Language Sebagai Media Informasi,” Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 04, no. 01, pp. 48–60, 2016.
Copyright (c) 2019 Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.