Sistem Monitoring Kinerja Dosen Pada Institusi Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus: Universitas Abdurrab)

  • Salamun Salamun Universitas Abdurrab
  • Diki Arisandi Universitas Abdurrab
Keywords: performance, monitoring, system, three pillar of higher education, lecturer

Abstract

Dosen dalam aktivitas keseharian memiliki tiga kewajiban yang dikenal dengan “Tridharma perguruan tinggi”. Kurangnya monitoring kinerja dosen dalam beberapa kegiatan yang wajib menyebabkan pimpinan universitas sulit mendapatkan laporan yang rutin dari dosen, sistem ini dibangun berbasis web dengan metode waterfall. Fungsi yang terdapat dalam sistem mencakup input kinerja dosen dalam bidang tri darma perguruan tinggi, yang akan menghasilkan laporan kinerja beserta jam kerja dosen setiap minggu nya. Beberapa pihak seperti atasan Dosen, Asesor, dan pihak kepegawaian di Universitas perlu melakukan monitoring terhadap perkembangan aktivitas setiap dosennya pada tiap semester. Penelitian ini dimulai dari penelusuran referensi pedoman angka kredit dari kementerian pendidikan dan kebudayaan, setelah itu kami melakukan wawancara dengan pihak dari kepegawaian untuk perancangan sistem monitoring yang akan dibuat. sistem yang dibuat menggunakan kerangka kerja waterfall dan pemodelan sistem menggunakan unified modelling language (UML). Sebelum sistem diimplementasikan, pengujian diawali dengan membagikan panduan pengguanaan terlebih dahulu dan memberikan kesempatan kepada entitas yang terlibat untuk mempelajarinya. Pengujian lebih ditekankan pada aspek penguasaan terhadap penggunaan sistem ini. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem yang dapat merekam kinerja seluruh dosen secara digital, dan informasi kinerja dosen dapat diakses oleh pihak universitas untuk dijadikan bahan untuk penilaian kinerja dimasa mendatang.

 

Kata kunci: kinerja, monitoring, sistem, Tridharma perguruan tinggi, dosen.

 

Abstract

Lecturers in their daily activities have three obligations, known as “three pillars of higher education.” Insufficient monitoring of lecturers' performance in their mandatory activities may cause difficulty for university leaders to obtain regular reports from lecturers. We built a system on a web-based basis with the waterfall method, contained an input page for the performance of lecturers in their mandatory activity, which will generate performance reports, including the working hours every week. Some Persons are required to monitor the activities of each lecturer in every semester. We started to trace the reference for the credit score guideline from the ministry of education and culture, then we conduct interviews with Human Resources Department for monitoring system design. The systems created using the waterfall framework and system modeling using the unified modeling language (UML). Before implementation, we were conducting testing by sharing the user guide and giving the involved entities the opportunity to learn it. Testing is more emphasized on aspects of mastery of the use of the system. The outcome of this work is a system that can record the performance of all lecturers digitally, and lecturer performance information can be accessed by the university as a materiall

for further assessments.


Keywords: performance, monitoring, system, three pillars of higher education, lecturer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. M. Johan and R. Ahmalia, “Penilaian Mutu Dosen terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Menerapkan Logica Fuzzy Logic di STIKES Nan Tongga,” J. Akad. Baiturrahim Jambi, vol. 8, no. 2, pp. 26–32, 2019.

D. I. Santoso, P. H. Adiwibowo, and A. H. A. Rasyid, “Analisis beban kinerja dosen periode 2012-2016 terhadap pelaksanaan tri dharma pada prodi DIII teknik mesin,” JVTE J. Vocat. Tech. Educ., vol. 01, no. 02, pp. 11–18, 2019.

L. Qulub, “Profesionalisme pendidik dalam proses pembelajaran,” Dirasat J. Stud. Islam Perad., vol. 14, no. 01, pp. 29–44, 2019.

Taufik; Ayuningtyas and J. R. Kusumah, “strategi pengembangan mutu perguruan tinggi,” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 22, no. 5, pp. 21–32, 2020.

O. M. Anwas, “Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 17, no. 5, p. 565, 2018.

A. Rifai and O. Arsalan, “Perancangan Sistem Informasi Kinerja Dosen Menggunakan Metode Topsis,” in KNTIA, 2017, vol. 4.

A. S. Sinaga, “Implementasi OLAP Menggunakan Dashboard Holistics Software Pada LPPM STMIK Pelita Nusantara,” Penelit. Tek. Inform., vol. 2 Nomor 1, no. April, pp. 55–59, 2019.

I. Effendy and A. M. Bakti, “Integrasi Smart Attendance Bagi Dosen Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja,” Klik-Kumpulan J. Ilmu Komput., vol. 6, no. 3, pp. 317–326, 2019.

Y. Yuniarto, “Pengaruh Motivasi Dan Insentif Terhadap Penilaian Prestasi Kerja Dosen Tetap Di Universitas Bunda Mulia,” Bus. Manag. J., vol. 8, no. 1, pp. 91–107, 2017.

E. Y. Anggraeni, Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Andi, 2017.

F. Adzim, “Peranan Sistem Informasi Akuntansi sebagai Alat Bantu Manajemen dalam Pengambilan Keputusan Anggaran Biaya pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar,” Perspektif, vol. 02, no. 01, pp. 173–179, 2017.

R. Riska, A. Amroni, and J. Devitra, “perancangan sistem informasi administrasi kependudukan pada kantor desa lambur i kabupaten tanjung jabung timur,” J. Ilm. Mhs. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 74–81, 2019.

S. E. NAFIUDIN, Sistem informasi manajemen. Penerbit Qiara Media, 2019.

I. P. Sari and D. Arisandi, “Sistem Informasi Manajemen Klinik Gigi Berbasis Client Server,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 2, no. 1, pp. 176–185, 2017.

E. Sumantri, “Analisa Dan Pengembangan Sistem Penjualan Dan Pembelian Barang Dengan Metode Waterfall Studi Kasus Koperasi Karyawan Pt. Di,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

Siti Monalisa and Boni Kurniadi, “Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Skripsi dengan Reminder System untuk Mahasiswa,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 1, pp. 23–32, 2019.

Andri and Suyanto, “Sistem Informasi Penentuan Guru Terbaik Berbasis Kinerja pada Pondok Pesantren Qodratullah,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 1, pp. 108–119, 2020.

M. Kramer, “Best Practices in Systems Development Lifecycle: an Analyses Based on the Waterfall Model,” Rev. Bus. Financ. Stud., vol. 9, no. 1, pp. 77–84, 2018.

H. S. Modi, N. K. Singh, and H. P. Chauhan, “Comprehensive Analysis of Software Development Life Cycle Models,” Int. Res. J. Eng. Technol., vol. 4, no. 6, pp. 117–122, 2017.

S. M. Salve, S. N. Samreen, and N. K. Valmik, “A Comparative Study of Software Development Life Cycle Models,” Int. J. Appl. or Innov. Eng. Manag., vol. 5, no. 02, pp. 696–700, 2018.

B. Unhelkar, Software engineering with uml. CRC Press, 2017.

D. Rajagopal and K. Thilakavalli, “A Study: UML for OOA and OOD.,” Int. J. Knowl. Content Dev. Technol., vol. 7, no. 2, pp. 5–20, 2017.

D. S. adillah Maylawati, M. A. Ramdhani, and A. S. Amin, “Tracing the linkage of several Unified Modelling Language diagrams in software modelling based on best practices,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 2.29 Special Issue 29, pp. 776–780, 2018.

Published
2020-11-01
How to Cite
Salamun, S., & Arisandi, D. (2020). Sistem Monitoring Kinerja Dosen Pada Institusi Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus: Universitas Abdurrab). Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(2), 196-205. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v11i2.4304
Abstract viewed = 936 times
PDF downloaded = 737 times